Penelitian: Ternyata Nampan Bandara Lebih Kotor dari Toilet

| 29 Dec 2018 18:25
Penelitian: Ternyata Nampan Bandara Lebih Kotor dari Toilet
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Jika kamu berpikir bahwa toilet di bandara merupakan tempat paling kotor dan penuh kuman, kamu salah besar. Sebab, faktanya nampan keamanan bandara lah yang justru menimbulkan lebih banyak risiko kesehatan dibandingkan toilet biasa.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di bandara Helsinki, dari semua tempat di bandara, itu adalah nampan yang digunakan selama pemeriksaan keamanan mengandung banyak patogen yang dapat membuat kamu sakit, sebagaimana dilansir DPA, Sabtu (29/12/20018).

Diterbitkan oleh jurnal BioMed Central Infectious Diseases, penelitian ini membandingkan sampel yang diambil dari berbagai permukaan nampan di tiga waktu berbeda selama musim puncak flu pada tahun 2015-2016 di bandara utama Finlandia dan menemukan lebih sedikit virus di kursi toilet dan tombol toilet daripada di nampan bagasi.

Tidak semua orang pergi ke toilet di bandara, tetapi hampir semua dari kita melewati jalur keamanan. Permukaan diuji untuk keberadaan virus influenza A dan B, coronavirus, adenovirus dan rhinovirus, yang menyebabkan gejala seperti pilek.

Penelitian ini menemukan bahwa karena tingkat sentuhan yang tinggi, nampan penyaringan keamanan plastik menimbulkan risiko kontaminasi tertinggi - karena hampir semua wisatawan memegang benda tersebut sebelum naik pesawat.

Jika kamu khawatir tentang kebersihan, tisu pembersih dan larutan antibakteri kering yang tidak memerlukan air dapat digunakan untuk membasmi kuman di tangan dan barang-barang pribadi kamu dengan cepat dan mudah, demikian dilansir Antara.

Tags : kesehatan
Rekomendasi