Bagian Pesawat yang Paling Kotor dan Harus Anda Hindari

| 10 Dec 2023 19:00
Bagian Pesawat yang Paling Kotor dan Harus Anda Hindari
Bagian pesawat yang paling kotor (unsplash)

ERA.idPesawat merupakan sarana transportasi yang dapat melayani ribuan penumpang. Meskipun kru pembersih sudah melakukan pembersihan terbaik, nyataan masih ada bagian-bagian tertentu yang masih kotor. Lantas tahukan Anda bagian pesawat yang paling kotor?

Melalui artikel ini, mari kita selidiki lebih lanjut tentang area-area di pesawat yang seringkali terabaikan namun bisa menjadi salah satu bagian yang paling kotor.

Bagian Pesawat yang Paling Kotor

  1. Meja Lipat di Punggung Kursi

Salah satu area yang sebaliknya mendapat perhatian minimal adalah meja lipat di punggung kursi (yang biasanya menjadi tempat meletakkan makanan Anda). Menurut penelitian oleh TravelMath, meja lipat membawa delapan kali lebih banyak kuman daripada tuas flush toilet.

  1. Ventilasi Udara

Dibandingkan dengan toilet, kontak langsung dengan ventilasi udara cukup minim. Oleh karena itu, kebersihan area ini juga minim dilakukan sehingga berpotensi banyak menyimpan kotoran.

  1. Penjepit Sabuk Pengaman

Terdapat beberapa tempat di pesawat yang tidak bisa dihindari untuk melakukan kontak langsung adalah sabuk pengaman. Hal tersebut dikarenakan setiap penumpang wajib mengenakan sabuk pengaman sesuai hukum penerbangan selama lepas landas, mendarat, dan sesuai kebijakan pilot.

Tentu, penjepit sabuk pengaman mungkin bukan tempat yang paling kotor di pesawat, tetapi ratusan orang telah menyentuhnya. Bahkan sesudah Anda menyentuh sudah ada ratusan orang melakukannya setelah Anda turun dari pesawat.

  1. Sandaran Kepala

Ya, tempat yang Anda andalkan untuk menyandarkan kepala selama penerbangan ternyata kotor! Bayangkan ada penumpang tertidur dengan mulut terbuka dan air liur menetes.

Sandaran kepala kursi adalah area yang sebaiknya diwaspadai, karena selain bersentuhan dengan wajah dan rambut penumpang juga akan disentuh oleh ribuan tangan.

  1. Selimut

Memang selimut yang disediakan oleh maskapai bisa membuat Anda nyaman, karena membuat lebih hangat. Akan tetapi selimut yang Anda pakai ternyata sudah digunakan oleh penumpang lainnya.

Memang hal ini akan cukup membuat Anda terkejut. Untuk itu, pastikan jangan menggunakan selimut maskapai kecuali Anda membukanya langsung dari plastik laundry  yang artinya sudah dicuci.

  1. Layar Sentuh

Sejak Zaman Emas penerbangan segalanya telah berubah 180 derajat, termasuk hiburan dan teknologi. Adanya film, acara TV, musik, dan game yang tak terhitung jumlahnya tersedia menemani Anda selama penerbangan melalui perangkat layar sentuh.

Tapi apa yang Anda lakukan dengan layar sentuh adalah tangan yang kotor, berkeringat, lengket, penuh kuman. Hingga kemudian orang  lain melakukannya.

Layar sentuh dapat menjadi sarang kuman (unsplash)
  1. Air Kran, Teh, dan Kopi

Secangkir kopi mungkin akan memberi Anda semangat yang dibutuhkan untuk mengatasi kemungkinan jet lag, tetapi pada saat yang sama tanpa disadari Anda akan memasukkan kuman ke dalam tubuh.

Mengapa demikian? Karena air keran di pesawat (yang digunakan untuk membuat teh dan kopi) mengalir melalui serangkaian tangki dan pipa yang jarang dibersihkan.

  1. Kuncian Pintu Lavatory

Mencuci tangan di lavatory pesawat tidak semudah yang Anda pikirkan pada awalnya.  Dengan tangan yang setengah bersih para penumpang akan menggeser kunci untuk keluar dari lavatory.

Bahkan jika Anda sudah berusaha membersihkan tangan dengan sabun secara menyeluruh, sebagian besar penumpang sebelum Anda tidak akan melakukannya.

Selain bagian pesawat yang paling kotor, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi