Celine Dion Hapus Lagu Duetnya dengan R Kelly

Tim Editor

Celine Dion (Foto: Twitter @celinedion)

Los Angeles, era.id - Celine Dion mengikuti jejak Lady Gaga dengan menarik lagu kolaborasinya dengan R Kelly dari berbagai layanan musik streaming.

Dinukil dari Antara, Selasa (15/1/2019) meski belum ada keterangan resmi dari Celine, namun lagu I'm Your Angel yang ditulis Kelly telah dihapus dari berbagai layanan streaming. Lagu tersebut dirilis pada 1998 dan masuk dalam album These Are Special Times.

Kelly sedang mendapat pengawasan ketat setelah pemutaran perdana film dokumenter Surviving R. Kelly yang diputar di saluran Lifetime pada awal Januari 2019. Film ini berisi wawancara dengan beberapa perempuan yang mengaku jadi korban kekerasan seksual, fisik dan mental oleh Kelly, juga wawancara dengan mantan-mantan produser dan manajer Kelly.

Pria berusia 52 tahun itu, juga dituduh memiliki hubungan dengan gadis-gadis di bawah umur. Perilakunya memancing amarah masyarakat yang ditandai dengan viralnya gerakan media sosial #MuteRKelly. 

Mei tahun lalu, Spotify menghapus lagu-lagu R. Kelly dari data musik mereka. Hal ini merupakan bagian dari kebijakan baru perusahaan terkait konten kebencian.

Lagu-lagu tersebut memang masih tersedia di Spotify. Tapi mereka tidak lagi memasukkannya ke dalam saran daftar putar atau mengoperasikannya melalui algoritma seperti fitur Discover Weekly.     

Penyanyi kelahiran Chicago, Amerika Serikat membantah keras tuduhan tersebut. Dalam sebuah pernyataan resmi kepada NBC News, manajemen R Kelly mengecam keputusan Spotify dengan menyatakan kebijakan yang mereka ambil tidak berdasar. 

Kebijakan mengenai konten kebencian ini merupakan sikap Spotify untuk menindak tegas musisi yang melakukan tuduhan kekerasan seksual, kekerasan rumah tangga, dan artis yang menyanyikan lirik yang bersifat kekerasan dan anti-wanita.

Pekan lalu, Lady GaGa juga menarik lagu Do What U Want dari iTunes dan meminta maaf karena pernah bekerja sama dengan Kelly.

"Saya berdiri di belakang para wanita ini 1.000 persen, percaya kepada mereka, tahu mereka menderita dan kesakitan dan saya sangat yakin suara mereka harus didengar dan ditanggapi dengan serius," ujar Gaga pekan lalu.

"Saya berniat menghapus lagu itu dari iTunes dan layanan streaming lainnya dan tidak akan bekerja sama dengannya lagi. Maafkan penilaian saya yang buruk saat masih muda dan tidak angkat bicara sejak awal," lanjut Gaga.
 

Tag: album musik

Bagikan: