Inilah Buah yang Bisa Tangkal Darah Tinggi

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Bandung, era.id - Hipertensi atau darah tinggi seringkali menjadi penyakit yang sulit untuk dideteksi. Alasannya, karena sebagian besar masyarakat jarang menghiraukan ancaman penyakit yang menjadi pemicu utama strok, gagal jantung, gagal ginjal, sampai menyebabkan kematian di usia muda. Meski tidak terdeteksi, alangkah baiknya kita menangkal penyakit yang diklaim pemerintah telah diderita oleh 32 persen masyarakat Indonesia.

Cara menangkalnya mudah, yaitu dengan mengonsumsi buah. Namun, bukan sembarang buah yang dapat menangkal hipertensi dalam tubuh kita. Menurut staf Instalasi Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Ati Latifah, setidaknya ada 6 buah yang dianjurkan untuk mengatasi hipertensi ini.

"Seperti buah pisang, tomat, jeruk, kiwi, semangka dan pepaya," kata Ati Latifah dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Kamis, 7 Februari 2019.

Ati Latifah mengatakan 6 buah tadi merupakan rekomendasi dari dokter spesialis. Sehingga dengan adanya kepastian rekomendasi itu, kita tak lagi kebingungan dalam menjaga kondisi tubuh kita, khususunya menangkal penyakit hipertensi.

Berikut penjelasan manfaat buah bagi penderita hipertensi :

1. Pisang

Buah ini merupakan rekomendasi pertama oleh dokter untuk menurunkan darah tinggi. Hal itu disebabkan, adanya kandungan kalium yang sangat berlimpah. Kalium diyakini dapat menurunkan tingkat kerja jantung tetapi memperkuat kontraksinya. Dengan mengonsumsi kalium dari pisang, darah tinggi akan menurun dengan cepat. Manfaat pisang ini bisa diserap meski sudah diolah menjadi makanan ringan, smoothies atau dipadu-padankan dengan yogurt serta oat.

2. Tomat

Ternyata tomat adalah salah satu buah yang dapat menurunkan darah tinggi dan kolestrol tinggi, selain baik untuk prostat. Karena di dalam tomat, terdapat kalium yang mengandung antioksidan bernama lycopene. Lycopene inilah yang membuat warna tomat menjadi merah. Agar efektifitas tomat terhadap penurunan hipertensi berlangsung lancar, baiknya dikonsumsi langsung dari buahnya. Hindari tomat ataupun jus tomat kemasan.

3. Jeruk

Seseorang yang mengonsumsi 2 jus jeruk setiap hari diyakini dapat menurunkan tekanan darahnya. Dampak penurunan tekanan darah itu dapat dirasakan, saat kita telah mengonsumsinya selama 2 sampai 4 pekan berturut-turut.

4. Kiwi

Buah dengan daging berwarna hijau dan rasanya asam segar ini, mengandung zat yang sama dengan pisang dan tomat yaitu kalium. Kandungan kalium dalan buah dengan nama burung di Selandia Baru ini, juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai penangkal radikal bebas.

5. Semangka

Buah manis menyegarkan dan mengandung banyak air ini bagus untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Buah semangka juga dapat mencegah terjadinya penyakit darah tinggi pada orang yang memiliki tekanan darah yang masih normal. Dalam semangka terkandung L-citrulline yang dapat membantu meregulasi dan membantu menurunkan tekanan darah. Buah ini juga mengandung asam amino yang bisa mencegah timbulnya penyakit tekanan darah tinggi terhadap orang normal.

6. Pepaya

Buah tropis ini adalah yang paling favorit menjadi penurun tekanan darah dikalangan penderita hipertensi. Selain mengandung kalium, pepaya mengandung senyawa yang terbukti dapat menurunkan kuantitas tekanan darah bernama flavonoid, pada penderita hipertensi.

Tetapi kata Ati, selain mengonsumsi 6 jenis buah tadi, penderita hipertensi sebaiknya mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari. Karena, percuma rajin mengonsumsi buah, jika tetap berkompromi dengan zat makanan pemicu penyakit tersebut. 

"Secara umum penderita tekanan darah tinggi wajib mengurangi konsumsi garam, minyak dan lemak, memperbanyak serat dari sayuran dan buah-buahan, mengurangi mengonsumsi alkohol dan berhenti merokok," ujar Ati.

Tag: kesehatan manfaat makanan

Bagikan: