Peneliti: Pakar Radiologi Bisa Bantu Deteksi KDRT

| 07 Feb 2019 14:36
Peneliti: Pakar Radiologi Bisa Bantu Deteksi KDRT
Ilustrasi (Pixabay)
New York, era.id - Sekelompok peneliti mengungkapkan bahwa pakar radiologi dapat memainkan peran kunci dalam mengidentifikasi para korban pelecehan. Hal itu dengan melihat pola luka yang mengarah pada kekerasan dalam rumah tangga.

Korban-korban pelecehan, sebagian besar sering wanita, memiliki lebih banyak patah tulang lengan, muka dan tengkorak daripada pasien-pasien lain, dikombinasikan dengan tingginya tingkat asma, nyeri kronis dan usaha-usaha bunuh diri, demikian tim di Rumah Sakit Brigham dan Wanita di Boston melaporkan.

Tanda-tanda pelecehan dapat dideteksi oleh pakar radiologi, yang memiliki kekhususan dalam menafsirkan gambar-gambar seperti sinar-X, mengingat bahwa para korban tersebut menjalani empat kali lebih banyak pemeriksaan pencitraan yang terkait darurat daripada pasien-pasien lain, kata para periset itu.

Pelecehan tersebut dapat berupa fisik, seksual dan psikologi, kata mereka, demikian seperti dikutip Antara, Kamis (7/2/2019).

Dr. Elizabeth George, kepala di Departemen Radiologi di RS Brigham dan Wania dan ketua periset laporan tersebut mengatakan informasi yang tersedia untuk para pakar radiologi banyak.

"Mungkin sudah ada indikasi pada pencitraan sebelumnya, dan jika Anda lihat suatu pola, hal itu yang dapat memberi tahu Anda tentang hal lain yang terjadi dalam kasus ini, seperti kekerasan." 

Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa satu di antara tiga wanita mengalami kekerasan seksual dan fisik dalam hidupnya.

Rekomendasi