Guys, Pernah Buang Air Kecil Posisi Jongkok?

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Lazimnya, pria memang buang air kecil dengan posisi berdiri. Janggal terdengar jika ada kaum hawa, lakukan ritual itu dengan posisi jongkok. Padahal, posisi spesialis kaum hawa itu punya manfaat yang baik bagi tubuh. Tak percaya?

Buang air kecil dengan posisi diri, bagi sebagian pria memang lebih praktis, efisien dan sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Dalam tongkrongan, rasanya enggak pernah ada cerita pria buang air kecil dengan duduk atau jongkok. Soalnya bisa dianggap enggak lazim.

Padahal, buang air kecil dalam posisi duduk atau jongkok ternyata jauh lebih sehat dibanding dengan berdiri. Paragram.id mengutip penelitian yang dilakukan Leiden University Medical Centre, Belanda. Katanya, buang air kecil sambil duduk atau jongkok bisa menghadirkan profil urodinamik yang lebih menguntungkan. Artinya, semburan urine dapat berjalan lebih kencang serta dapat membantu mencegah terjadinya masalah prostat.

Dalam penelitian tadi juga disebut. ketika seseorang buang air kecil dengan posisi berdiri, otot di sekitar perut bagian bawah, tulang belakang serta panggul diaktifkan. Jadinya menyebabkan buang air kecil menjadi tidak sempurna.

Posisi duduk atau jongkok sejatinya pilihan tepat saat buang air kecil. Terutama bagi pria dengan kondisi prostat atau pria yang tak kuat berdiri dalam waktu lama.

Masalah sering muncul pada saat buang air kecil dengan posisi berdiri, pria cenderung lebih menahan agar tak muncul suara kencang saat buang air kecil. Buang air kecil dengan posisi berdiri tidak akan menekan kandung kemih, sehingga masih ada urine yang tertinggal dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai macam penyakit akibat masih tertinggalnya sisa metabolisme tubuh. 

Makin banyak urine yang tersimpan dalam tubuh, maka makin meningkat pula risiko terkena batu kandung kemih.  Sebaliknya, bila kencing dengan posisi jongkok dapat mengurangi risiko batu kandung kemih. 

Selain itu, juga ada sejumlah keuntungan yang dapat kalian miliki dari buang air kecil dengan posisi duduk atau jongkok. Seperti kloset dan kamar mandi yang lebih bersih.

Mungkin ada masalah kalau kita lagi jalan ke mal. Karena yang lebih banyak disediakan toilet untuk berdiri dibanding bilik WC. Tapi kalau di rumah, enggak ada salahnya dicoba. Toh enggak dilihat banyak orang ini.

Tag: kesehatan

Bagikan: