Jus Jeruk Bermanfaat Kurangi Risiko Strok

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Sebuah penelitian menyatakan, minum jus jeruk setiap hari dapat mengurangi risiko strok.  Studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan, orang yang mengonsumsi jus setiap hari melihat pengurangan risiko bekuan otak sebesar 24 persen. Penelitian tersebut melibatkan 35.000 pria dan wanita berusia antara 20 dan 70 tahun.

Dilansir dari The Times of India, Senin (1/4/2019), selain mengurangi risiki strok, jus jeruk juga bermanfaat membantu memperbaiki arteri yang rusak 12 hingga 13 persen. 

Jus ini sudah lama dianggap minuman yang memberikan efek kesehatan. Namun, beberapa waktu lalu ada peringatan tingginya kadar gula dalam minuman ini.

Menurut para peneliti, jus jeruk lebih banyak manfaatnya, yaitu pencegahan strok, ketimbang bahaya kandungan gulanya.

"Kami menemukan hubungan yang menguntungkan dengan konsumsi jus buah murni," kata para peneliti dari Institut Nasional Kesehatan Masyarakat Belanda.

Bukan hanya jus jeruk yang memiliki manfaat ini, jus buah lain juga tampaknya mengurangi risiko kesehatan lainnya. Jus dianggap mengandung banyak zat tanaman alami yang ditemukan dalam buah utuh yang dapat melindungi pembuluh darah terhadap penyakit.

Namun, tim mengatakan terlepas dari manfaat jus, mereka tetap merekomendasikan makan buah utuh juga, karena ada lebih banyak penelitian yang mengkonfirmasi manfaatnya.

Tag: kesehatan buah manfaat makanan

Bagikan: