Mengenal Manfaat Markisa bagi Kulit dan Rambut

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Makan buah markisa pasti dengan biji-bijinya. Tenang, tak perlu takut biji itu akan tumbuh di dalam tubuh kamu. Nyatanya, daging markisa dan bijinya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (5/4/2019), buah tropis ini kaya antioksidan, vitamin A, vitamin C, serat makanan, magnesium, kalium, zat besi, riboflavin, karotenoid, asam nikotinat dan flavonoid. Selain itu, buah ini rendah kalori, tinggi serat. 

Selain untuk tubuh, biji markisa bisa digunakan untuk membuat minyak yang digunakan sebagai agen aromatik dalam makanan serta pelembab kulit. 

Mari kita bedah manfaat biji markisa

1. Mengurangi tekanan darah
Biji buah markisa mengandung polifenol yang memiliki kemampuan untuk melemaskan otot-otot di dinding pembuluh darah. Mengkonsumsi markisa akan membantu melonggarkan pembuluh darah dan dengan demikian meningkatkan aliran darah. Ini dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah timbulnya strok serta serangan jantung. 

2. Meningkatkan kekuatan tulang 
Kandungan magnesium dalam biji markisa dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang kamu. Magnesium memperkuat tulang dan mencegah masalah yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis. Mengkonsumsi biji markisa dapat menghilangkan tulang yang lemah dan rapuh.

3. Membantu kesehatan usus 
Biji buah markisa sangat bermanfaat dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan usus. Serat yang tidak larut dalam biji markisa bermanfaat bagi kesehatan usus. Selain itu, biji markisa membantu menyeimbangkan bakteri baik di usus. Bijinya juga membantu mencegah timbulnya kanker usus besar. Usus yang sehat berkontribusi terhadap sistem pencernaan yang sehat pula.

4. Meningkatkan metabolisme 
Kandungan magnesium dalam biji markisa dapat memberi manfaat pada aktivitas metabolisme kamu. Berbagai macam mineral dan vitamin yang ada dalam biji markisa, membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat. Artinya, mereka membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga mencegah penambahan lemak yang berlebihan.


Ilustrasi (Pixabay)

5. Melancarkan buang air besar 
Kandungan serat yang tidak larut dalam biji markisa dapat membantu mengatur pergerakan usus kamu. Biji markisa membantu melindungi tubuh kamu dari masalah yang berhubungan dengan pencernaan seperti sembelit dan juga wasir. Kandungan serat mempertahankan pergerakan usus dan membatasi timbulnya masalah terkait pencernaan.

6. Melawan penyakit kronis 
Salah satu manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh biji markisa adalah membantu mencegah timbulnya penyakit kronis. Seperti disebutkan sebelumnya, biji markisa kaya akan serat tidak larut yang dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

7. Mengobati luka luar 
Biji markisa yang dibuat menggunakan minyak esensial, dapat digunakan untuk mengobati luka. Ramuan ini bisa menjadi anti-inflamasi dan dapat membantu meringankan serta menyembuhkan iritasi dan peradangan yang disebabkan oleh luka luar. Ini juga membantu memulihkan kulit sehat Anda di sekitar area luka.

8. Mencegah infeksi jamur 
Sifat antijamur dari biji markisa membuatnya bermanfaat dalam pengobatan infeksi jamur. Ini membatasi pertumbuhan jamur dan dapat diterapkan ke bagian eksternal. Sangat direkomendasikan untuk mengobati infeksi jamur pada kuku dan kaki.


Ilustrasi (Pixabay)

9. Mengontrol sekresi sebum 
Sebum adalah sekresi berminyak dari kelenjar sebaceous, yang terletak di kulit, telinga, kulit kepala. Penumpukan sekresi berminyak dapat menyebabkan rambut berminyak dan kulit berminyak. Minyak esensial yang dihasilkan dari biji membantu mengontrol sebum dan melindungi kulit Anda dari komedo, jerawat, dan wajah kusam.

10. Mencegah penyakit degeneratif 
Kaya antioksidan, membuat biji markisa dapat membantu dampak penuaan. Ini digunakan dalam pencegahan penyakit terkait usia seperti Alzheimer, Parkinson, demensia, dan radang sendi.

11. Meningkatkan kualitas kulit 
Biji markisa membantu memperbaiki kulit kamu dengan berbagai cara. Minyak atsiri yang ada dalam biji markisa membantu melembabkan kulit sehingga mengembalikan kelembaban yang sehat pada kulit. Ekstrak biji markisa dapat diterapkan untuk menghilangkan kulit kering. Selain itu, vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam biji bertindak sebagai antioksidan, menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. 
Tak hanya itu, sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari biji membantu mengurangi jerawat kamu dan mencegah bekas luka dan bintik hitam. Ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan kemerahan juga. Benih juga diakui untuk pencegahan masalah kulit yang berkaitan dengan usia.

12. Mengembalikan kesehatan rambut 
Kehadiran vitamin C dan kolagen dalam biji membantu meningkatkan kualitas dan kesehatan rambut kamu. Minyak yang diperoleh dari biji dapat digunakan untuk memberikan kilau alami pada rambut. Ini juga membantu mengganti bahan kimia dari produk rambut dan membantu mengembalikan kecantikan alami rambut kamu dan mencegah kerusakan.

Biji markisa juga dikenal memiliki khasiat detoksifikasi. Dengan demikian, biji markisa memiliki kemampuan untuk mencegah diabetes, anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengangkat mood, menurunkan kolesterol jahat dan meredakan asma.

Tag: manfaat makanan buah kesehatan

Bagikan: