Singkong dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Singkong adalah umbi-umbian yang sering dijadikan panganan. Di beberapa tempat, bahkan singkong menjadi salah satu sumber kabohidrat dan jadi makanan utama.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (9/4/2019), kandungan karbohidrat umbi ini begitu tinggi sehingga berada di urutan ketiga, setelah nasi dan jagung. 

Namun, pengolahan singkong yang tidak tepat, dapat mengurangi nilai gizinya karena vitamin, mineral, serat, dan pati resisten cenderung hilang saat dimasak. Cara paling efektif untuk mempertahankan nilai gizi umbi adalah dengan merebusnya.

Singkong harus dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi, jika tidak, dapat menyebabkan keracunan sianida akut karena adanya bentuk sianida yang terjadi secara alami. Jika tidak disiapkan dengan benar, umbi ini dapat menyebabkan kelumpuhan atau kematian. 

Setiap 100 gram singkong, mengandung energi 160 kalori; lemak 0,3 gram; tiamin 0,087 mg; riboflavin 0,048 ml; niasin 0,854 mg; vitamin B6 0,088 mg; zat besi 0,27 mg; dan seng 0,34 mg. 

Selain itu, singkong juga mengandung 38,1 gram karbohidrat; 1,7 gram gula; 1,8 gram serat makanan; 1,4 gram protein; 60 gram air; 27 mcg folat; 20,6 mg vitamin C; 16 mg kalsium; 21 mg magnesium; 27 mg fosfor; 271 mg kalium; dan 14 mg natrium

Karena kandungannya yang banyak itu, singkong bagus untuk sumber energi. Selain itu, menambah singkong ke dalam diet kamu secara terkontrol dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.



Manfaat singkong:

1. Membantu penurunan berat badan
Kaya akan serat makanan, singkong adalah pilihan yang tepat untuk kamu, jika ingin menurunkan berat badan. Rendah kalori, dan juga kandungan serat yang tinggi pada akar, membuat kamu merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Dengan demikian mengurangi kebutuhan untuk terus-menerus ngemil, lebih lanjut mencegah penambahan berat badan yang tidak perlu.

2. Menyembuhkan migrain
Kehadiran vitamin B2 dan riboflavin dalam singkong bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Mengkonsumsi singkong dapat membantu mengurangi serangan migrain yang konstan. Ambil 60 gram akar atau daun singkong dan rendam dalam air selama 2 jam dan buat jusnya. Ini akan memberikan bantuan dari migrain parah.

3. Meningkatkan pencernaan
Singkong yang kaya akan serat makanan, sangat bermanfaat bagi tubuh. Serat yang tidak larut membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan kamu dengan menyerap semua racun yang tersimpan di usus kamu, dan juga dengan mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, kandungan serat dalam akar yang dapat dimakan juga mencegah timbulnya masalah pencernaan.

4. Mengobati diare
Sifat antioksidan dari singkong dapat membantu masalah diare. Jika kamu diare, rebus akar dalam air selama satu jam dan minumlah. Ini akan membantu dalam menyingkirkan bakteri yang menyebabkan masalah perut dan mengurangi gejala diare juga. Kandungan serat juga membantu dalam menyembuhkan gejala diare.

5. Meningkatkan penglihatan
Salah satu manfaat utama lain yang dimiliki oleh singkong adalah bermanfaat bagi kesehatan mata. Memiliki banyak vitamin A, singkong membantu meningkatkan penglihatan kamu dan juga mencegah kebutaan atau penglihatan yang buruk yang dapat berkembang di masa depan.

6. Menyembuhkan luka
Tanaman singkong secara keseluruhan, yaitu batang, daun dan akar, bermanfaat dalam mengobati luka. Akar dapat membantu mencegah luka agar tidak terinfeksi dan mempercepat penyembuhan.

7. Menyembuhkan demam
Singkong dapat digunakan untuk mengobati demam ringan. Caranya dengan merebus singkong dan daunnya. Kamu dapat membuat ramuan dari ini dan kemudiannya meminumnya untuk menurunkan suhu tubuh kamu.



8. Membunuh cacing di perut
Mengonsumsi singkong dapat membantu meredakan kutu nematoda di perut dan usus kamu. Akar singkong membantu menghilangkan cacing di usus kamu.

9. Meningkatkan nafsu makan
Karbohidrat dan serat dalam umbi memainkan peran penting dalam mendapatkan kembali nafsu makan. Jika kamu merasa agak sedang tidak memiliki nafsu makan, mungkin karena alasan emosional atau fisik, masukkan beberapa singkong ke dalam makanan kamu. Nanti nafsu makan kamu akan meningkat.

10. Meningkatkan energi
Kaya akan karbohidrat, singkong dapat dimakan dalam meningkatkan energi kamu secara instan. Ini juga membantu meningkatkan fungsi otak kamu dan memasok energi.

Tag: manfaat makanan kesehatan buah

Bagikan: