Mari Mengenal Manfaat Kacang Mete

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Selamat berpuasa di bulan Ramadan. Kali ini, kami ingin memberitahukan tentang camilan yang biasanya identik dengan Ramadan. Tapi, umumnya camilan ini muncul di akhir Ramadan, jelang Lebaran.

Camilan yang kami maksud ini adalah kacang mete. Kacang mete ini biasanya digoreng atau dipanggang dan ditempatkan di toples untuk sajian tamu yang datang ke rumah saat Ramadan selesai.

Nyatanya, camilan ini memiliki banyak manfaat yang bagi kesehatan. Dilansir dari Boldksy, ada 10 manfaat yang diberikan camilan ini.

1. Membantu mengelola berat badan

Menurut sebuah penelitian, wanita yang jarang mengonsumsi kacang memiliki kesempatan kenaikan berat badan yang lebih besar daripada wanita yang mengonsumsi kacang dua kali atau lebih dalam seminggu. Studi lain, bahkan menyatakan, makan kacang-kacangan dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, karena kacang ini menjaga perut tetap kenyang dan berkontribusi terhadap produksi panas dalam tubuh. Ini meningkatkan metabolisme.

2. Membantu kesehatan jantung

Kacang mete memiliki lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik. Ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, strok, serangan jantung, dan penyakit jantung koroner. Kacang ini juga merupakan sumber magnesium yang kaya yang melemaskan otot-otot jantung dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Magnesium, fosfor, kalsium dan vitamin K hadir dalam kacang mete sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi yang sehat. Magnesium memainkan peran utama dalam pembentukan tulang karena membantu dengan asimilasi kalsium dalam tulang. Ini menurunkan risiko osteoporosis.

4. Mengurangi risiko diabetes

Kacang mete dianggap baik untuk pasien diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan, bagian dari tanaman kacang mete memiliki sifat antidiabetes dan ekstrak biji mete telah dikaitkan dengan resistensi insulin dan toleransi glukosa.

5. Mencegah kanker

Konsumsi kacang pohon termasuk kacang mete menurunkan risiko kanker. Karena mereka adalah sumber antioksidan yang baik seperti tokoferol, asam anakardat, cardanol, cardol dan senyawa fenolik tertentu yang disimpan dalam kulit kacang mete. Antioksidan ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif, yang mengarah pada mutasi sel, kerusakan DNA, dan pembentukan tumor kanker.


Ilustrasi (Pixabay)

6. Mendukung fungsi otak

Kacang mete kaya akan lemak sehat yang mendukung fungsi otak yang sehat dan berbagai proses otak dengan mengatur jalur neurotransmitter, transmisi sinaptik, dan fluiditas membran. Sebuah studi menunjukkan, asupan kacang yang lebih tinggi terkait dengan kognisi keseluruhan yang lebih baik pada wanita yang lebih tua.

7. Mencegah batu empedu

Batu empedu terbentuk di kantong empedu karena kelebihan kolesterol dan konsumsi kacang mete secara teratur dikatakan menurunkan risiko pembentukan batu empedu. Menurut sebuah penelitian, peningkatan konsumsi kacang mengurangi risiko kolesistektomi pada wanita.

8. Meningkatkan produksi sel darah merah

Kacang mete memiliki banyak zat besi yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah (RBC) dan menurunkan risiko anemia. Zat besi juga diperlukan untuk menjaga saraf, pembuluh darah dan sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

9. Meningkatkan kesehatan mata

Kacang mete kaya akan lutein dan zeaxanthin, kedua senyawa ini mencegah kerusakan sel pada mata yang disebabkan oleh radikal bebas, yang menyebabkan penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

10. Membantu menjaga kesehatan kulit

Kacang mete merupakan sumber lemak sehat yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini. Vitamin antioksidan yang ditemukan dalam kacang mendukung elastisitas kulit.

Catatan: Jika kamu alergi kacang, maka mengonsumsi kacang mete harus dihindari. Sebab, kacang ini mengandung alergen kuat yang menyebabkan reaksi yang bisa parah dan mengancam jiwa.

Tag: manfaat makanan kesehatan buah

Bagikan: