Pancake, Alternatif Menu Sahur yang Itu-itu Aja

| 26 May 2019 21:41
Pancake, Alternatif Menu Sahur yang Itu-itu Aja
Foto ini adalah ilustrasi yang diambl dari laman penyedia foto gratis Pixabay
Jakarta, era.id - Dalam beberapa hari ke depan, puasa Ramadan akan segera berakhir. Jelang 10 hari terakhir puasa, biasanya orang-orang sudah mulai bingung mencari menu sahur yang akan disantap. Nasi goreng dan mie instan jadi menu yang itu-itu saja. Bosan. 

Jika ingin mencari menu atlternatif, pancake (panekuk) bisa jadi makanan yang cocok untuk disantap untuk jadi menu sahur. 

Pancake adalah kue dadar yang terbuat dari bahan-bahan seperti terigu, telur, gula, dan susu. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air untuk dijadikan adonan dilapisi variasi menu tambahan di atasnya. 

Menurut salah satu koki sebuah restoran di Jakarta bernama Yulia Nanda, pancake memang pantas jadi menu sarapan. Selain mudah dibuatnya, pancake juga bisa cukup mengenyangkan dan sangat membantu kita mendapat asupan energi yang cukup untuk mulai beraktivitas. Ini cocok untuk santap sahur kamu.

"Kandungan bahan-bahan untuk pancake seperti telur dan tepung itu mengandung protein yang bermanfaat sebagai pengisi energi bagi tubuh dan lumayan bikin kuat puasa," kata Yulia kepada era.id, Minggu (26/5/2019).

Kalau enggak mau ribet, kamu bisa membeli sepaket bahan-bahan pancake kemasan tepung yang telah dicampur bahan lain. Satu kemasan bisa menghasilkan tiga sampai empat porsi. 

Tambahan lain yang perlu disiapkan adalah air mineral dan dua buah telur, mentega, serta bahan pelengkap seperti topping. 

Jika ingin mencari bahan sendiri, kamu perlu menyiapkan 100 gram tepung terigu, 2 sendok makan gula pasir, garam secukupnya, 1 sendok teh baking powder, 1 butir telur ayam, 100 ml susu cair, serta mentega secukupnya. 

"Cara pertama, siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak ke dalamnya. Masukkan telur ayam, dan susu. Aduklah semua bahan adonan pancake sampai merata," tutur Yulia. 

Kemudian, siapkan wajan anti lengket, oleskan sedikit mentega di atasnya. Lalu, nyalakan kompor dengan api kecil. Kata Yulia, jangan memasak dengan api yang besar karena akan membuat masakan tidak matang dengan merata. 

Setelah itu, saat wajan sudah cukup panas, masukkan adonan sebanyak satu sendok sayur. Tutupi seluruh permukaan wajan dengan adonan, tunggu hingga matang. Balik sisi bawah menjadi ke atas. Ketika dirasa sudah matang, angkat lalu tiriskan.

Satu hal yang tak boleh lupa, yaitu topping agar pancake yang dibuat tidak berasa hambar. Bahan pelengkap ini bisa dikreasikan tergantung selera masing-masing. 

"Topping yang bisa digunakan itu seperti krim, keju, buah-bahan, sirup maple, es krim, selai, dan sebagainya," ungkap dia. 

Kini, kamu sudah tahu cara membuat pancake. Mungkin, kamu bisa mengaplikasinnya untuk santap sahur pagi ini.

Rekomendasi