Mengunjungi Gotham Asli di Dunia Nyata

Tim Editor

Desa Gotham (Dok. BBC)

Jakarta, era.id - Kalau kamu pernah nonton Gotham, serial televisi drama kriminal Amerika Serikat, pasti enggak asing dengan suasana di kota tersebut. Dari kriminalistas sampai pejabat yang korup digambarkan tumbuh di kota itu. Namun tak banyak yang tahu jika Gotham aslinya adalah sebuah pedesaan yang tentram.

Gotham merupakan sebuah distrik yang berada di desa Nottinghamshire, Inggris, dengan populasi 1.600 penduduk menurut sensus tahun 2011. Nama Gotham berasal dari bahasa Inggris kuno goat home.


Suasana di desa Gotham. (Dok. BBC)

Desa Gotham memang punya keterkaitan dengan Kota Gotham (fiksi) ala Batman. Penulis komik Batman, Bill Finger mengaku menamai kota latar komiknya dengan Gotham karena melihat buku telepon dan mendapati nama Gotham Jewelers.

Batman menjalani debut dalam Detective Comics (DC) seri 27 terbitan tahun 1939. Pada terbitan seri 29, latar tempatnya masih disebut sebagai kota metropolis yang ramai. Lalu berubah menjadi New York pada seri ke-31 sebelum disebut Gotham, demikian ditulis BBC dalam sebuah artikel.

Namun, entah disengaja atau tidak, ada cerita kegilaan warga Gotham saat Inggris dipimpin King John pada tahun 1199 silam. King John berencana membangun jalan raya Royal Highway yang melewati Gotham.

Namun, penduduk desa berpura-pura gila agar kerajaan tak jadi membangun jalan di desa mereka dan akhirnya berhasil. Cerita tersebut akhirnya menjadi sebuah legenda berjudul "Wise Men of Gotham" yang sering menjadi aksi teatrikal sampai saat ini.


Teatrikal Wise Men of Gotham. (Dok. BBC)

Uniknya, plang nama kota Gotham acap kali dicuri para fans Batman yang menjadi turis. Tercatat sudah 3 kali dalam 4 tahun plang nama desa itu dicuri.

Para pemeran di Batman juga pernah mengunjungi Gotham pada 2011. Sebuah momumen dengan relief legenda desa dan patung tokoh masyarakat dibangun pada 2014. Uniknya disematkan pula cast kecil Batman sedang memanjat.
 

Tag: batman

Bagikan: