Deretan Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Dibudidayakan di wilayah Mediteranian, alpukat memiliki nilai komersial yang tinggi. Terlebih, buah dengan kulit hijau dan daging berwarna kuning itu juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan yang sudah diketahui banyak orang. Namun bagaimana dengan minyak buah alpukat? 

Tak kalah dengan buahnya, minyak alpukat ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Dari melindungi jantung, hingga merangsang pertumbuhan dan perbaikan pada tubuh, demikian menurut penelitian yang dilakukan pada 2013, dikutip dari Boldsky.

Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, minyak alpukat mengandung 77 persen dari seluruh komposisi kalori alpukat. Hal ini membuatnya menjadi aspek yang bermanfaat dari seluruh buah. Minyak alpukat ini memiliki lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda --kolesterol baik-- dan memiliki kandungan nutrisi yang baik seperti vitamin A, thuamin, float, dan riboflavin, di antara senyawa antioksidan lainnya.

Baca Juga: Melihat Deretan Manfaat Kesehatan dari Daun Jambu Biji

Manfaat minyak alpukat

Minyak alpukat memiliki banyak untuk kesehatan, di antaranya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Minyak ini adalah sumber beta-sitoserol yang kaya dan dapat digunakan tubuh kita untuk mengkonversi lemak sehingga tidak merusak banyak sel. 

Menurut InFruit Oils: Chemistry and Functionality yang dipublikasi pada 2019, minyak ini bersifat anti-inflamasi dan melindungi dinding arteri dari kerusakan. Ini juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh endapan plak. Selain itu, jumlah peradangan yang lebih sedikit mengarah pada stabilisasi tingkat tekanan darah juga.

Dalam Nutrition Journal disebutkan manfaat lainnya dari minyak ini adalah meningkatkan sistem pencernaan. Menambahkan minyak alpukat dalam makanan sehari-hari Anda dapat mengurangi kembung, mulas, gangguan pencernaan dan sebagainya. Kehadiran asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak ini membantu pencernaan makanan dengan mudah. 

Baca Juga: Peran Telur Puyuh untuk Atasi Penyakit Kronis

Untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, minyak alpukat bisa menjadi pilihan. Minyak ini telah terbukti dalam penelitian Avocado Oil oleh Swisher tahun 1998, membantu membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Sifat minyak yang kental juga membantu membuat Anda lebih kenyang untuk rentang waktu yang lebih lama. Anda bisa menggunakannya untuk memasak atau saus salad bersama dengan cuka dan sayuran.

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari minyak ini dapat mendetoksifikasi tubuh. Minyak alpukat membantu dalam membersihkan tubuh dari racun berbahaya. Ini karena adanya sumber alami magnesium super sehat yang dikenal sebagai klorofil. Kehadiran zat ini dapat membantu menghapuskan logam berat dan racun seperti merkuri di otak, hati, ginjal, dan organ tubuh lainnya. 

Tag: alpukat kesehatan

Bagikan: