Garuda Muda 'Melawan' Park Hang-seo di Final SEA Games

Tim Editor

Park Hang-seo (Fox Sport)

Jakarta, era.id - Timnas Indonesia U-22 menghadapi Vietnam dalam final SEA Games 2019 di Rizal memorial Park, Manila, Selasa (10/12/2019) malam nanti. 

Bagi pelatih The Golden Star, Park Hang-seo, ini menjadi pertemuan keempatnya melawan Indonesia sepanjang 2019. Pelatih berusia 60 tahun itu sebelumnya sudah tiga kali melawan Indonesia dan semuanya menang.


Infografik (Ilham/era.id)


Pada fase grup SEA Games, kedua tim bertemu dan menyajukan duel yang seru. Saat itu, Vietnam bangkit setelah tertinggal 0-1 dari Indonesia dan berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1. Jelang partai final, pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan Indonesia adalah lawan yang menjengkelkan.

"Mereka adalah lawan yang paling menjengkelkan di turnamen ini karena pemain mereka berkualitas dan punya skill indvidu," katanya seperti dikutip dari Goal, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, Indonesia adalah lawan yang kuat sehingga layak berada di partai pamungkas perebutn medali emas. "Mereka tim yang sangat kuat dan sulit untuk dikalahkan. Mereka pantas berada di final," ucapnya.

Sementara itu, Egy Maulana Vikri Cs, santai jelang partai final. Pelatih Indra Sjafrie bilang, anak asuhnya tak tertekan dan santai saat ini. "Ini hanya final SEA Games. Kenapa harus stres? Kalau sakratulmaut tidak apa-apa kita stres," ujar Indra seusai memimpin latihan di Manila, Filipina, seperti dikutip dari Antara, Senin (9/12).

Garuda Muda juga tidak terpengaruh dengan besarnya sorotan publik Tanah Air ke skuat berjuluk Garuda Muda, dan tetap fokus konsentrasi menyambut pertandingan penting tersebut.

"Yang penting adalah niat baik, usaha yang keras dan doa. Kami harus berjuang karena hanya ada dua pilihan yaitu kita yang menang atau mereka," katanya.

Pelatih yang pernah membawa juara dua kali Garuda Muda ini berharap dukungan doa dari masyarakat Indonesia agar timnya mampu merebut medali emas sepak bola putra SEA Games 2019.

Dalam catatan sejarah sepak bola Indonesia di SEA Games, Indonesia pernah lolos ke final dan menjadi juara dengan merebut medali emas pada SEA Games Manila 1991. Kini di final cabang olahraga sepak bola SEA Games melawan Vietnam di tempat yang sama Stadion Rizal Memorial, Manila, Tim Garuda Muda diharapkan bisa kembali mengulang sejarah emas pada SEA Games sebelumnya.

Tag: sea games 2019

Bagikan: