Gaun Natalie Portman yang Tuai Pujian di Academy Awards 2020

| 10 Feb 2020 11:27
Gaun Natalie Portman yang Tuai Pujian di Academy Awards 2020
Natalie Portman. (Foto: oscar.go.com)
Jakarta, era.id - Aktris multitalenta, Natalie Portman menuai pujian dari banyak pihak, khususnya para kaum hawa. Pujian ini dia dapatkan lantaran gaun hitam yang dikenakan saat pagelaran Academy Awards 2020.

Gaun hitam dengan jubah dan jahitan emas rancangan Dior ini dikenakan saat menghadiri Red Carpet Academy Awards 2020. Sekilas gaun mewah yang dikenakan ini terlihat biasa saja. Namun, pada bagian jubah aktris kelahiran 1981 terdapat sederet nama wanita yang sangat familiar. 

Daftar nama tersebut adalah deretan sutradara wanita dengan karya yang luar biasa. Sebut saja Greta Gerwig (Little Women), Lulu Wang (The Farewell), Mati Diop (Atlantics), Lorena Scafaria (Hustlers), Melina Matsoukas (Queen & Slim), Marielle Heller (A Beautiful Day in the Neighbourhood), dan Céline Sciamma (Portrait of a Lady on Fire). 

 

Sederet nama di atas ini juga menuai pertanyaan banyak pihak, lantaran tidak masuk ke dalam satu pun nominasi Academy Awards 2020. Tahun ini, Academy Awards 2020 memang tidak mencalonkan nama sutradara wanita untuk kategori apa pun. 

Bahkan menurut sejarah Academy Awards seperti yang dilansir dari CNet, hanya ada lima nama sutradara wanita yang berhasil masuk ke dalam nominasi Academy Awards. Mereka adalah Lina Wertmüller (Seven Beauties), Sofia Cappola (Lost in Translation), Kathryn Bigelow (The Hurt Locker), dan Jane Champion (The Piano). 

Dari lima daftar nama di atas dan sepanjang sejarah Academy Awards, hanya Bigelow satu-satunya sutradara wanita yang berhasil meraih kemenangan Academy Awards. 

Hal ini menjadi pertanyaan banyak pihak lantaran tidak adanya kesetaraan gender yang dilakukan oleh Academy Awards. Portman pun sempat menyindir keras hal ini dalam acara Golden Globe 2018. Saat itu dia membacakan nominasi untuk kategori sutradara terbaik. 

Dalam narasinya, Portman mengatakan “Inilah nominasi untuk semua pria.” Pernyataan ini pun mengundang kekaguman dari banyak pihak. 

Dengan tampilan Portman hari ini, Senin (10/2/2020) Portman banyak sekali mendapat dukungan dari berbagai pihak. Dia kembali menjadi pionir penggebrakan atas ketidaksetaraan gender yang terjadi di berbagai ajang penghargaan bergengsi.

Tags : piala oscar
Rekomendasi