KETRINGAN, Marketplace Kuliner Buatan Mahasiswa Bandung

| 02 Mar 2020 18:12
KETRINGAN, <i>Marketplace</i> Kuliner Buatan Mahasiswa Bandung
Mahasiswa Pengembang Ketringan (Dok. Telkom University)
Bandung, era.id - Industri kuliner dewasa ini semakin berpeluang untuk terkoneksi dengan teknologi informasi. Para pebisnis kuiner kini akan mudah terhubung dengan konsumen lewat aplikasi. Dengan latar belakang ini, tim mahasiswa Bandung membikin KETRINGAN, yakni sebuah marketplace yang menghubungkan rumah makan baik itu warteg ataupun makanan rumahan ke konsumen. 

Ketua tim yang juga Founder dan CEO KETRINGAN.COM, Rizsa El Akbar, bilang KETRINGAN melakukan standarisasi terhadap terhadap produk yang akan dijual, sehingga kualitas terjaga pada saat penjualan, dan dengan harga yang terjangkau.

“Inovasi dari KETRINGAN juga hadirnya chatbot. Sehingga konsumen bisa langsung memesan makanan langsung dan dilayani oleh chatbot, apakah katering untuk harian, mingguan atau untuk bulanan,” terang Rizsa El Akbar, Senin (2/3/2020).

Rizsa menyebut, KETRINGAN sudah berjalan di kampus asal tim, yakni Telkom University. Rencananya, platform ini akan dikembangkan ke perguruan tinggi lain di Bandung. 

KETRINGAN tercipta dari hasil kolaborasi mahasiswa aktif dari empat Fakultas di Telkom University yaitu Fakultas Ilmu Terapan, Fakultas Komunikasi & Bisnis, Fakultas Informatika dan Fakultas Industri Kreatif. KETRINGAN sendiri merupakan salah satu startup binaan StartupHub.id, komunitas riset dan startup mahasiswa hasil kolaborasi para mentor dari Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis.

Pada bulan April nanti, KETRINGAN terpilih sebagai salah satu startup yang akan berlaga di acara StartupIstanbul, Turki.

Sebelumnya, KETRINGAN meraih prestasi pada ajang kompetisi berjudul BRI X Google Hackathon dengan tema Membangun Ekonomi Digital Indonesia Bersama UMKM yang berlangsung pada 10-11 Februari lalu. Acara ini dilaksanakan serentak di tiga kota besar di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, dan Surabaya.

BRI X Google Hackathon merupakan wadah bagi para penggiat startup untuk pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan UMKM. Seperti judulnya, acara ini merupakan kolaborasi antara bank BRI dan Google Indonesia. Para mahasiswa dituntut berinovasi dalam mengembangkan bisnis di Indonesia menggunakan bisnis dan teknologi.

 

Rekomendasi