Rice Cooker Bisa Sterilkan Masker Sekali Pakai, Begini Caranya

Tim Editor

Rice cooker mensterilkan masker sekali pakai. (Foto: YouTube/Formosa TV)

Jakarta, era.id - Badan Administrasi Makanan dan Obat-Obatan Taiwan menyatakan bahwa rice cooker bisa digunakan untuk mensterilkan masker sekali pakai.

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau kepada masyarakat untuk membuang masker sekali pakai apabila telah dipergunakan. Namun, saat ini masker sekali pakai menjadi langka hingga akhirnya orang-orang beralih menggunakan masker kain yang bisa dicuci berkali-kali. 

Dilansir dari AsiaOne, Direktur Jenderal FDA Taiwan Wu Shou-mei dan Kepala Pusat Komando Epidemi Sentral (CECC) Chen Shih-chung menunjukkan bagaimana cara kerja rice cooker untuk memperpanjang umur masker sekali pakai. 

Pertama, masukkan masker ke dalam rice cooker tanpa beras dan air. Selanjutnya, panaskan hingga 3 menit dan tekan tombol rice cooker jadi 'cook'. Setelah itu, diamkan selama 5 menit sebelum mengeluarkannya.



Metode ini hanya bisa digunakan untuk 1 masker sekali pakai yang baru saja dikenakan. Jika ingin mensterilkan lebih dari satu masker, kita bisa menunggu rice cooker mendingin sebelum mengulangi langkah-langkahnya.

"Saat saya memakai masker sekali pakai yang disterilkan melalui rice cooker, rasanya hangat dan baunya enak." ujar Chen.

"Tidak usah menambahkan air ke rice cooker, karena ini dapat merusak lapisan elektrostatik." ujar Wu.

Wu mengatakan tiga lapisan tengah masker sekali pakai membantu penyaringan bahan-bahan gas dan cairan.

Berdasarkan temuan FDA, setiap masker yang disterikal dengan rice cooker dapat digunakan 4-5 kali. Proses pemanasan masker dalam rice cooker dapat mempertahankan efisiensi penyaringan bakteri (BFE) sebanyak 99 persen. Namun, metode ini tidak mempan bagi seseorang yang mengidap pernafasan akut.

Tag: covid-19

Bagikan: