Disambangi Raffi Ahmad, Dede Sunandar Mengaku Kini Jualan Cireng

| 18 May 2020 10:13
Disambangi Raffi Ahmad, Dede Sunandar Mengaku Kini Jualan Cireng
Dede Sunandar dan Raffi Ahmad (Instagram @dedesunandar)
Jakarta, era.id - Pandemi COVID-19 membuat perekonomian dunia jadi anjlok. Hal ini berdampak pada masyarakat yang mengalami kerugian bahkan kehilangan pekerjaan saat ini, termasuk komedian sekaligus pembawa acara Dede Sunandar yang banting setir dengan berjualan camilan cireng demi memenuhi kebutuhan kedua anak dan istri.

Kondisi itupun diketahui oleh Raffi Ahmad. Tak tinggal diam, suami Nagita Slavina itu langsung menyambangi rumah Dede. Ketika mendatangi rumah pelawak berusia 29 tahun itu, Raffi sudah mengetahui bahwa salah satu anak Dede mengidap penyakit langka yakni williams syndorme. Ini adalah penyakit genetik langka yang menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak serta ditandai dengan adanya kelainan pada wajah, pembuluh darah, dan gangguan pertumbuhan pada anak.

Belakangan ini, Dede mengaku tidak lagi syuting jadi pengisi tetap di acara televisi. Demi keluarga tercinta, Dede harus bekerja keras demi menyambung hidup. Jika dulu sekali tampil mendapatkan honor jutaan rupiah, kini ia mengalami penurunan drastis. 

Raffi bertanya apa saja kegiatan Dede dikala sepinya tawaran pekerjaan.

"Jualan cireng begitu sehari dapat berapa, de?" kata Raffi Ahmad yang dikutip dari kanal YouTube RANS Entertainment, Senin (18/5/2020).

Ternyata ayah dua anak ini beserta istrinya, Karen Hertatum mencoba peruntungan menjual cemilan cireng. Ia melakukan ini demi menyambung hidup selama Ramadan disertai krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Dari berjualan cireng, Dede bersyukur bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangganya, paling utama membeli susu untuk kedua putranya yang masih kecil.

"Satu porsinya kan isi 20 pcs, Rp 20.000 , kadang-kadang kita bisa jualan 3 kg nih, 3 kg isi 39 pak. Sebenernya buat listrik sama susu mah ada aja, buat kehidupan sehari-hari mah ada saja," tutur Dede. 

"Jualannya sebenarnya online. Lewat Instagram namanya Cireng Desun," lanjutnya.

Namun, Dede merasa kesulitan menemukan plastik pembungkus untuk menjual cirengnya, sebab toko banyak yang belum beroperasi.

"Makanya Dede kemarin ingin bikin cireng cuma plastiknya belum ada," ujar Dede.

Raffi juga bertanya mengenai kontrak kerja dalam program acara televisi yang sebelumnya Dede jalankan.

"Sudah berapa lama Dede enggak syuting? Yang reguler, terakhir syuting apa berarti?" tanya Raffi.

"Terakhir Ini Talk Show yang Aa masuk Dede keluar. Dede seneng Aa masuk, eh anenya keluar," jawab Dede.

Supaya Dede tak putus atas, Raffi sebagai teman men-support secara psikologis agar Dede enggak cepat menyerah di kala pandemi COVID-19 yang berdampak dengan sepinya tawaran pekerjaan.

"Kalau seandainya Dede engga jadi artis, lu mau jadi apa De?" tanya Raffi Ahmad.  

"Kalau Dede, satu bisa nyetir A, ngga akan malu bener. Karena diri Ane sendiri diajarin orang tua, maksudnya jangan malu sama kerjaan walaupun kamu dulunya apa, kan kamu dulunya bukan apa-apa," jawabnya. 

Dede mengaku punya cicilan rumah sebesar Rp9,7 juta dan kebutuhan sehari-hari termasuk listrik, air, susu anak, makan, dan lain sebagainya bisa menghabiskan Rp20 jutaan per bulan. Sebelum pamit, Raffi memberikan THR untuk Dede dan keluarga. Ayah dari Rafathar itu mengaku dirinya bukan Superman, karena baginya memberikan THR adalah amanat dari mendiang ayahnya melalui mimpinya.

Seperti yang diketahui, Dede Sunandar pertama kali dikenal masyarakat melalui program acara Opera Van Java (OVJ). Kala itu, Dede Sunandar sering tampil bareng para wayang OVJ, termasuk Sule dan Andre Taulany. Bahkan, ia mengaku pernah bekerja sebagai cleaning service di stasiun TV, hingga akhirnya ditawari menjadi salah satu pemain di OVJ.

Tags :
Rekomendasi