Catat, Begini Cara Mengaktifkan Video Call Instagram Sampai 50 Orang 

| 25 May 2020 12:54
Catat, Begini Cara Mengaktifkan Video Call  Instagram Sampai 50 Orang 
Ilustrasi video call instagram (Unsplash/Kate Torline)
Jakarta, era,id - Kabar gembira bagi pengguna media sosial, khususnya di Instagram. Maulai saat ini kamu bisa melakukan video call bersama 50 orang sekaligus, layaknya WhatsApp. Instagram sudah bisa terintegrasi ke layanan baru Facebook, yakni Messenger Rooms.

Sebelumnya, Facebook telah mengumumkan Messenger Rooms sebagai penantang aplikasi panggilan video seperti Zoom, Google Hangouts, hingga FaceTime. Bahkan, Facebook juga mengumumkan Messenger Rooms bisa terintegrasi dengan WhatsApp. Kabar ini diketahui dari uji coba yang dilakukan aplikasi WhatsApp Beta di Android.

Melalui pernyatan resmi di akun Twitter, @instagram, untuk bisa melakukan video call hingga 50 orang di Instagram, kamu harus memiliki aplikasi Facebook Messenger. Kamu bisa mengunduh aplikasi Messenger versi terbaru di Google Play Store dan Apple Store.

"Cara mudah untuk video chat hingga 50 orang favoritmu? Ya, mulai hari ini, kamu bisa menciptakan Messenger Rooms di Instagram dan undang siapa saja untuk bergabung," cuit Instagram pada Jumat (22/5/2020).

Fitur baru ini akan mendukung panggilan grup hingga 50 orang, jauh lebih banyak daripada WhatsApp, dan didasarkan pada integrasi dengan Messenger Rooms Facebook.

Rooms bisa dibuat langsung melalui Messenger Rooms dan bisa berbagi tautan untuk mengundang siapa saja untuk bergabung. Dikutip dari Android Central, berikut caranya supaya kamu bisa melakukan video call dengan 50 orang:

1. Buka akun Instagram pribadi, dan pilih ikon direct message (DM) di sudut kanan atas. 

2. Klik ikon 'video' di sudut kanan atas, lalu pilih opsi 'Crate Rooms' di bagian atas layar untuk memulai video call.

3. Dengan mudahnya, kamu bisa memilih teman yang akan dikirimi undangan untuk bergabung.

4. Pilih 'Join Room' untuk memulai panggilan video atau memilih 'Send Link' untuk berbagi tautan kepada orang lain supaya bisa bergabung.

5. Ketika memilih 'Join Rooms', maka sistem akan terbuka secara otomatis.

Messenger Rooms ini bisa digunakan gratis dan tanpa batasan waktu melakukan video call. Bahkan, pengguna Instagram dan Facebook bisa membagikan link yang membuat semua orang bisa bergabung ke dalam meeting di Messenger Rooms lewat browser web di desktop dan seluler.

Kamu juga bisa menghapus orang dari panggilan dan mengunci Room, apabila tak ingin ada orang lain yang masuk. Untuk keamanan, Messenger Rooms menggunakan teknologi yang sama guna mengenkripsi percakapan video maupun video antara pengguna.

Sebelumnya, Head of Messenger, Stan Chudnovsky, mengatakan rencana CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk memperluas enkripsi end-to-end di seluruh layanan pengiriman pesan, termasuk Messenger Rooms. 

Seperti yang diketahui, lonjakan trafik video call saat pandemi COVID-19 membuat Facebook menciptakan layanan video conference yang dinamakan Messenger Rooms. 

Tags : instagram
Rekomendasi