5 Manfaat Air Rebusan Pisang yang Jarang Diketahui

Tim Editor

Ilustrasi pisanbg (Unsplash/Louis Hansel)

Jakarta, era.id - Pisang merupakan buah yang kaya vitamin A, B, C dan E beserta mineral seperti potasium, zat besi dan magnesium. Selain dimakan biasa, pisang juga bisa diolah menjadi aneka makanan. Seperti pisang goreng, pisang rebus, banana cake, dan masih banyak lagi.

Olahan makanan pisang yang paling simple adalah pisang rebus. Pisang setengah masak kemudian direbus dengan air bersama kulitnya hingga mendidih. Membahas dengan tentang pisang rebus, ternyata air rebusan pisang juga baik untuk dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan. Caranya dengan menambahkan sedikit kayu manis atau madu.

Dikutip dari Healthline pada Kamis (4/5/2020) berikut manfaat air rebusan pisang

Ilustrasi pisang

1. Melawan radikal bebas

Air rebusan pisang mengandung antioksidan, termasuk dopamin dan gallocatechin, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kondisi kronis, seperti penyakit jantung. Selain itu, air rebusan memiliki tingkat antioksidan jauh lebih tinggi ketimbang melahap daging pisang. 

2. Mencegah kembung

Air rebusan pisang kaya akan kalium, mineral dan elektrolit yang penting untuk mengatur keseimbangan cairan, tekanan darah yang sehat, dan kontraksi otot. Kalium bekerja dengan natrium, mineral lain dan elektrolit, untuk mengatur keseimbangan cairan dalam sel.

Kandungan kalium dari air rebusan pisang bisa membantu mengimbangi kembung. Rasa kembung bisa saja karena kamu sedang diet tinggi garam dan memberi sinyal ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak natrium yang diproses lewat urin.

3. Bisa tidur nyenyak

Air rebusan pisang menjadi alat bantu tidur yang sudah dikenal kebanyakan orang. Sebab, mengandung tiga nutrisi utama dan banyak orang klaim bisa membantu kualitas tidurnya.

Pisang adalah sumber magnesium dan kalium yang baik. Dua mineral tersebut dikaitkan dengan kualitas dan panjang tidur yang lebih baik karena sifatnya dapat mengendurkan otot.

Air rebusan pisang terdapat triptofan, asam amino yang berperan penting saat memproduksi hormon serotonin dan melatonin untuk merangsang tidur. Namun, belum ada penelitian lebih dalam mengenai efektivitas air rebusan pisang bisa meningkatkan kualitas tidur.

4. Menekan risiko obesitas

Air rebusan pisang bisa menjadi pengganti yang baik untuk minuman manis. Kebanyakan orang mengkonsumsi minuman terlalu banyak gula dapat mengakibatkan peningkatan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Karena itu, memilih minuman tanpa tambahan gula, seperti air rebusan pisang bisa menjadi cara alternatif untuk mengurangi asupan gula. Jika kamu susah melupakan gula, kamu bisa tambahkan sedikit saja gula ke dalam air rebusan pisang.

5. Memelihara kesehatan jantung dan stroke

Nutrisi dalam air rebusan pisang dapat memelihara kesehatan jantung. Sebab, air rebusan pisang mengandung kalium dan magnesium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Faktanya, sebuah penelitian menemukan 90.137 wanita yang mengonsumsi air rebusan pisang mengalami 27 persen penurunan risiko stroke. Namun, belum ada penelitian lebih dalam terkait menfaat air rebusan pisang yang dapat memelihara kesehatan jantung.

Bagikan: