5 Film Horor Legendaris Suzzanna untuk Temani Malam Jumat

Tim Editor

    Ratu Horor, Suzzanna (Instagram/@suzzannaofficial)

    Jakarta, era.id - Julukan Ratu Horor Indonesia melekat sekali dengan mendiang Suzzanna. Hal itu juga didikung dengan deretan film horor yang dibintanginya. Bahkan semasa hidup Suzzanna memiliki kebiasaan tak lazim. Yakni gemar memakan bunga melati. Kebiasaan yang membuat orang menjadi takut dengan sosoknya.

    Berparas cantik dan sukses di dunia hiburan Indonesia, wanita kelahiran 13 Oktober 1942 ini bisa dibilang sosok yang menemani masa remaja generasi 90-an. Wanita bernama asli Suzzanna Martha Frederika van Osch ini, bisa dikatakan sukses membuat penontonya merinding sekaligus enggak bisa tidur.

    Bagi generasi Z yang tak pernah menonton film horor Suzzana, tim era.id telah ngerangkum 5 film horor terbaik dari ratu horor Indonesia. Penasaran? Langsung aja yuk disimak rekomendasi filmnya.

    1. Malam Jumat Kliwon (1986)


    Malam Jumat Kliwon (1986) (Instagram/@movie_leisure)

    Film yang satu ini pas banget kalian tonton nanti malam alias pas di malam jumat nih. Film Malam Jumat Kliwon ini merupakan besutan sutradara Sisworo Gautama Putra tahun 1986. Bahkan kehadiran film horor ini dianggap sebagai salah satu cult classic yang ada di Indonesia.

    Di film ini Suzzanna berperan sebagai Ayu Trisnaningrat, seorang novelis yang fokus dengan genre misteri. Ayu memiliki seorang kekasih bernama Anton (Alan Nuari) yang mengajaknya untuk hijrah ke ibu kota.

    Saat pindah ke ibu kota, Ayu kerap kali didatangi oleh sosok wanita berjubah putih yang sering muncul setiap malam jumat kliwon, yang ternyata adalah arwah penasaran yang punya wajah mirip dengannya.

    2. Sundel Bolong (1981)


    Sudel Bolong (1981) (Instagram/@movie_leisure)

    Salah satu film horor ikonik dari Suzzanna dengan jargonnya "Bang Bokir" ini juga masuk ke jajaran film horor yang pernah ada di Indonesia. Film yang dirilis pada 1981 ini berkisah tentang Alisa (Suzzanna), seorang mantan PSK yang hidupnya berubah semenjak dinikahi Hendarto (Barry Prima).

    Sayangnya meski telah menikah Alisa menjadi korban pemerkosaan yang dilakukan seorang pengusaha bernama Rudi. Alisa pun depresi dan memutuskan untuk bunuh diri dan menjadi arwah gentayangan sebagai sundel bolong.

    Film ini disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra, yang berhasil masuk jajaran film Suzzanna terbaik sepanjang masa.

    3. Malam Satu Suro (1988)

    Di film Malam Satu Suro ini Suzzanna tak jauh berbeda memerankan hantu sundel bolong yang menakutkan. Kali ini dia berperan sebagai Suketi, sundel bolong yang bisa berwujud manusia saat kepalanya ditancap paku.

    Saat paku ditancapkan ke kepala Suketi, dia diangkat sebagai anak dari seseorang yang menganut ilmu hitam. Suketi pun jatuh cinta ke seorang lelaki asal Jakarta. Sayangnya ada seseorang yang mengetahui rahasia Suketi sebagai sundel bolong dan berniat mencabut paku yang ada di kepalanya.
     

    4. Ratu Ilmu Hitam (1982)

    Khusus film yang tayang tahun 1982 garapan Lilik Sudjio ini sukses meraih penghargaan di ajang Festival Film Indonesia tahun 1982. Suzzanna berperan sebagai Murni yang dibakar dan dibuang ke jurang karena dianggap memakai ilmu hitam.

    Untungnya Murni berhasil diselamatkan oleh seorang dukun yang jadi sumber dan pelaku pengguna ilmu hitam itu. Oleh dukun itu, Murni dihasut untuk balas dendam ke orang-orang yang memfitnah dirinya.

    Film ini juga digarap ulang oleh Kimo Stamboel yang dirilis pada 2019, dibintangi oleh sejumlah aktor ternama, seperti Zara Adhisty, Ario Bayu, Hannah Al Rasyid, Tanta Ginting, Sheila Dara, Ari Irham, dan lainnya.
     

    5. Beranak Dalam Kubur (1972)

    Kisah Suzzana di film Beranak Dalam Kubur ini juga jadi salah satu rekomendasi film horor di malam jumat. Disutradarai oleh Awaludin, film ini diangkat dari komik berjudul Tangisan di Malam Kabut karya Ganes TH.

    Berkisah tentang Lila (Suzzanna) dan Dhora (Mieke Widjaja), yang berasal dari keluarga kaya raya. Hubungan Lila dan Dhora dikenal tak pernah akur yang membuat Lila dibawa ke kota dan tinggal dengan bibinya.

    Selama di kota, Lila jatuh cinta dengan seorang pria tampan. Sayangnya Dhora merasa iri dengan kesuksesan Lila selama di kota. Dia pun merencanakan untuk membunuh Lila setibanya di kampung halaman. Dhora pun berusaha membunuh Lila dan menguburnya dalam keadaan hamil. Sayangnya bayi yang dikandung Lila justru berhasil lahir di dalam kubur.
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    Beranak Dalam Kubur 1971 Sutradara Awaludin, Ali Sahab Pemain : Mieke Wijaza, Ami Priyono, Suzanna, Dicky Suprapto, Robby Hart ================================ ======================================== Dhora (Mieke Wijaya), mengesankan penderita psikopat. Ia membunuh ibunya untuk menguasai perkebunan Ciganyar. Ayah tirinya (Ami Prijono) karenanya hilang ingatan. Adiknya, Lila (Suzanna), pengantin baru, disiram air racun, tapi tak mati. Ketika hendak dikubur, terdengar tangis bayi. Ia melahirkan dan ditolong pembantu setianya, anaknya diselamatkan dokter dan di akhir film sempat kembali pada suaminya, Robby (Robby Hart) yang pulang dari luar negeri dan memecahkan misteri hantu pengganggu. Hantu tadi adalah Lila yang menakut-nakuti penduduk Ciganyar, padahal sebenarnya ia hanya berurusan dengan Dhora ================================ #kpfij #komunitaspecintafilmindonesiajadul #filmindonesia #bioskop #cgv #xxi #sinematekindonesia #filmjadul #instagram #instanusantara #indonesia#vcd #indonesiajuara #traveling #instagram #70s #80a #filmhoror #beranakdalamkubur #suzanna #miekewijaya

    A post shared by Komunitas_KPFIJ (@komunitas_kpfij) on



    Nah itu dia lima film horor yang diperankan oleh Ratu Horor Indonesia, Suzzanna. Kira-kira kalian udah nonton film yang mana aja nih? Hati-hati ada yang gangguin kamu di kamar mandi atau di bawah tempat tidur ya.

    Tag: hari film nasional 2018 film indonesia film horor

    Bagikan :