Daftar Makanan Pengganti Nasi yang Cepat Turunkan Berat Badan

Tim Editor

Makanan pengganti nasi (Foto: Pexels/Jax Fanucci)

Jakarta, era.id - Sumber makanan yang mengandung karbohidrat dan sering dikonsumsi oleh orang Indonesia adalah nasi. Bagi kamu yang sedang menjalankan diet, nasi adalah salah satu makanan yang harus dikurangi karena memiliki kalori yang besar.

Bayangkan saja, satu sepiring nasi memiliki jumlah 120-140 kalori. Supaya cepat menurunkan berat badan, kamu perlu mengganti nasi dengan makanan lainnya. Dikutip dari Healthline pada Senin (6/7/2020), berikut tujuh makanan pengganti nasi yang cepat turunkan berat badan.

1. Quinoa

Free stock photo of eating healthy, paleo food, quinoa
Quinoa (Foto: Pexels/Jax Fanucci)

Quinoa jadi alternatif makanan pengganti nasi bagi mereka yang sedang diet penurunan berat badan atau sekadar ingin menjalani pola makan lebih sehat. Meskipun rasa dan tekstur seperti biji-bijian setelah dimasak. Tetapi, quinoa bebas gluten dan jauh lebih tinggi protein daripada nasi.

Faktanya, setengah cangkir atau 92 gram quinoa yang dimasak memberikan 4 gram protein. Lebih banyak dua kali lipat jumlahnya dibandingkan nasi putih. Quinoa adalah protein lengkap mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuhmu. Ini menjadikannya sumber protein yang bagus untuk vegetarian. Selain itu, quinoa adalah makanan sumber mineral vital magnesium dan tembaga yang baik, sehingga memainkan peran penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang.

2. Kembang kol 

Kembang kol yang direbus adalah makanan pengganti nasi yang dinilai rendah kalori dan karbohidrat. Kembang kol memiliki rasa ringan, serta tekstur mirip dengan nasi. Sehingga, sangat populer yang sedang diet rendah kalori dan karbohidrat, seperti diet keto.

Setengah cangkir atau 57 gram kembang kol yang direbus memiliki 13 kalori. Sementara 57 gram nasi putih mencapai 100 kalori.

3. Brokoli rebus

Cooked Broccoli Soup
Brokoli rebus (Foto: Pexels/Zamani Sahudi)

Serupa dengan kembang kol, brokoli rebus bisa menjadi makanan pengganti nasi. Brokoli rebus cocok bagi orang yang diet rendah kalori atau karbohidrat. Setengah cangkir atau 57 gram brokoli rebus memiliki sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Brokoli rebus merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Dengan setengah gelas atau 57 gram mampu memberikan lebih dari 25 persen dari nilai harian (DV). Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

4. Nasi Shirataki

Nasi Shirataki adalah makanan pengganti nasi yang cukup populer bagi para pelaku diet. Nasi shirataki terbuat dari konjak, yang merupakan tanaman asli Asia dan kaya akan serat glukomanan.

Satu porsi nasi shirataki 85 gram memiliki 0 kalori. Jika kurang dari 5 kalori per porsi, dinyatakan 0 kalori. Kandungan glucomanan dalam nasi shirataki adalah serat utama dalam konjak yang berfungsi membentuk penghalang atau pelindung lapisan usus.

5. Barley

Wheat grains isolated on white background Premium Photo
Barley (Foto: Freepik/@xamtiw)

Barley adalah biji-bijian yang memiliki tekstur kenyal seperti gandum dan gandum hitam. Setengah cangkir atau 81 gram memiliki 100 kalori. Walau, barley dan nasi putih memiliki jumlah kandungan yang sama. Tetapi, barley mengandung sedikit lebih banyak protein dan serat. Selain itu, barley memiliki beragam nutrisi, seperti niacin, seng, dan selenium.

6. Couscous gandum 

Couscous adalah sejenis pasta yang banyak digunakan dalam masakan Mediterania dan Timur Tengah. Couscous gandum terbuat dari mutiara tepung yang sangat kecil. Couscous gandum murni jadi makanan pengganti nasi yang lebih sehat, karena kaya serat dan protein.

7. Kubis

Chopped cabbage on dark Premium Photo
Kubis (Foto: Freepik/@lazartivan)

Kubis bisa menjadi makanan pengganti nasi lain yang sangat baik. Kubis memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah. Kubis adalah sumber vitamin C dan K yang sangat baik. Dengan setengah cangkir atau 75 gram memberikan 31 persen dan 68 persen dari kebutuhan harian. Vitamin K membantu mengatur pembekuan darah dan sirkulasi. Kubis juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang.

Tag: diet kesehatan lifestyle

Bagikan: