Mengintip Isi Rumah Nobita, Harganya Ditaksir Rp9 Miliar

Tim Editor

    Ilustrasi rumah Nobita

    Jakarta, era.id - Keluarga Nobita Nobi dikenal sebagai keluarga yang sederhana, Namun, anggapan tersebut ternyata keliru, nyatanya, harga rumah Nobita mahal banget.

    Harga rumah keluarga Nobita ditaksir harga jualnya senilai Rp9 miliar lebih jika dikonversi dari mata uang Yen saat ini. Harga yang didapat itu telah dihitung dari ruang per ruang, perabotan, dan daerah tempat tinggalnya.

    Seorang penulis light novel, SOW yang mencoba mengkalkulasinya mengaku, untuk era 1970an, rumah biasa di era itu dimiliki keluarga Nobi. Rumah dua lantai yang terletak di Nerima Ward, Tokyo, harganya ditaksir kisaran 70 juta yen.

    "Tetap saja, nilai hipoteknya sekitar 200.000 yen per bulan (Rp25.936.000). Ayah Nobita pasti punya gaji yang oke. Sebelum ada yang bilang, 'bukannya mereka menyewa rumah itu?' harga sewa untuk rumah seperti ini kira-kira 160.000 yen (Rp20.748.800) memperhitungkan harga dasar rumahnya," katanya.

    Soal rumah Nobita, dioramanya bisa dilihat di museum pengarang komik Doraemon, Fujiko Fujio, yang terletak prefektur Kanagawa, Jepang.
     


    Dari tampak depan, rumah ini sangat kental dengan ciri rumah khas prefektur Jepang. Terdiri dari dua lantai dan dikelilingi oleh pagar. Warnanya dominan krem dengan atap berwarna merah bata.

    Dari area foyer, sebagai tempat melepas alas kaki, tidak seperti yang kita lihat pada umumnya. Foyer pada budaya Jepang diistilahkan dengan nama genkan.



    Genkan-nya jauh lebih kecil, karena hanya diperuntukkan untuk meletakkan barang-barang sebelum masuk rumah. Genkan pada rumahnya tidak memiliki banyak perabot, hanya area untuk meletakkan alas kaki dan sebuah kabinet.

    Sementara dari ruang tamunya, yang ditempatkan di ruangan paling depan, pintu pertama setelah genkan, tampak menarik. Alasannya, konsepnya tidak terlalu mengikuti budaya Jepang.

    Ruangan budaya di Jepang umumnya lebih dekat ke arah tanah, menggunakan meja dan tempat duduk lesehan. Ruang tamu rumahnya juga menggunakan meja dan sofa seperti kebanyakan ruang tamu.



    Lalu kita pergi ruang keluarganya yang ditempatkan bersebelahan dengan ruang tamu. Ruang ini ditata secara minimalis.

    Di sana, hanya ada sebuah meja dilengkapi beberapa bantalan duduk dan sebuah televisi tabung di sudut ruangan. Satu sisi dari ruang keluarga ini menggunakan pintu geser kaca, sebab mengarah langsung ke taman rumah.

    Kemudian ke halaman rumah Nobita. Di sana, mereka tidak memiliki banyak tumbuhan, hanya ada beberapa dan ditanam di sudut-sudut rumah. Area ini lebih difungsikan sebagai area menjemur pakaian.

    Berkat rumahnya yang memiliki pondasi tinggi, halaman ini memiliki papan kayu sebagai tempat bersantai.



    Nah, mari sekarang ke kamar Nobita di lantai 2.  Tempat yang paling banyak disorot dalam serial Doraemon. Apalagi saat Doraemon membangunkan Nobita yang sedang tidur.

    Kamar Nobita tidak banyak furnitur, hanya meja belajar dan rak berukuran besar. Di salah satu sisi kamarnya terdapat lemari geser tempat tidur Doraemon.

    Tag: kartun

    Bagikan :