Manfaat Tidur Tanpa Busana: Antistres hingga Cegah Naiknya Berat Badan

Tim Editor

Manfaat tidur tanpa busana (Foto: Pexels/Pixabay)

Jakarta, era.id - Tidur tanpa busana atau telanjang secara ilmiah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Selain menjaga suhu tubuh tetap dingin agar menikmati tidur malam tanpa adanya gangguan, tidur tanpa busana juga bisa mencegah berat badan naik.

Dikutip dari Boldsky pada Sabtu (11/7/2020), berikut empat manfaat tidur tanpa mengenakan busana:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Woman Lying on White Textile Touching White Pillow
Manfaat tidur tanpa busana (Foto: Pexels/Pixabay)

Kamu mungkin sudah tahu bahwa tidur di lingkungan yang lebih dingin dapat membantu kamu tertidur lebih baik dan lebih cepat. Suhu kamar tidur yang ideal untuk tidur adalah sekitar 15,6-19,4 ° C. Tidur tanpa busana adalah cara terbaik untuk menjaga suhu internal tubuh tetap rendah. Hal ini dikarenakan pendinginan tubuh kamu tidak hanya membantu tidur lebih cepat tetapi juga meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

2. Membantu mengelola rasa stres dan kecemasan

Studi menunjukkan kualitas tidur yang buruk berhubungan dengan depresi,peningkatan risiko bunuh diri, stres dan kecemasan. Karena tidur telanjang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantumu tertidur lebih cepat. Ini membantumu mengurangi stres dan kecemasan secara keseluruhan.

3. Mencegah kenaikan berat badan

Woman Sleeping on White Bed Holding Blue Pillow
Manfaat tidur tanpa busana (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Berat badan yang berlebihan mendatangkan risiko penyakit. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara tidur dan penambahan berat badan. Hasilnya orang yang tidur kurang dari lima jam per malam kemungkinan menambah berat badan yang tidak sehat. Selain meningkatkan kualitas tidur dan menghindari risiko kenaikan berat badan, tidur tanpa busana juga membantu meningkatkan kemampuan pembakaran kalori.

4. Mengurangi risiko penyakit

Tidur tanpa busana bisa meningkatkan kualitas tidur dan membuat tubuh cukup istirahat. Hal ini membantu mengurangi risiko diabetes, yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini terbukti bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit, terutama diabetes tipe 2.

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tidur tanpa busana bisa membantu meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik. Selain itu, tidur tanpa busana berpotensi meningkatkan kesehatan kulit dan juga mengeringkan luka lebih cepat. Tidur tanpa busana bisa membuat penuaan lebih lambat. 

Tag: kesehatan lifestyle

Bagikan: