Gim Klasik Super Mario Bros Terjual Rp1,6 Miliar

Tim Editor

Karakter gim klasik, Mario Bros (Instagram/@andreycqueiroz)

Jakarta, era.id - Gim klasik, Super Mario Bros berhasil terjual dengan harga 114 ribu dolar AS atau setara dengan Rp1,6 miliar. Penjualan ini dilakukan lewat proses lelang di Heritage Auctions. 

Proses lelang yang dilakukan lewat Heritage Auctions ini jadi salah satu rekor tebesar untuk satu buah gim klasik Super Mario Bros. Gim yang diproduksi di Amerika Serikat ini merupakan seri pertama dan asli sejak diluncurkan tahun 1985.

Bahkan rekor ini mengalahkan harga lelang sebelumnya untuk gim Super Mario Bros dengan kondisi yang sama seharga 100.105 dolar AS atau Rp1,4 miliar.

Tetapi menurut laporan The Verge, Minggu (12/7/2020), seseorang yang berhasil memenangkan lelang itu tak menyebutkan identitas aslinya alias anonim.

<blockquote class="twitter-tweet"><p lang="en" dir="ltr">A sealed copy of Super Mario Bros. just sold at auction for $114,000, which is a new record for the sale of a single game. Bet the owners of the $100,000 one, which is an earlier printing, feel great today. <a href="https://t.co/lVdcla8d19">pic.twitter.com/lVdcla8d19</a></p>&mdash; Chris Kohler (@kobunheat) <a href="https://twitter.com/kobunheat/status/1281644602038972416?ref_src=twsrc%5Etfw">July 10, 2020</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Lalu apa yang membuat kaset gim klasik Super Mario Bros ini sangat mahal?

Pertama, kondisi kaset hitam yang bernilai 9,4 dari 10, yang menandakan kondisi ini mendekati sempurna buat ukuran kaset gim keluaran tahun 1985. Apalagi kondisi kaset itu masih tersimpan rapat dengan segel dan kemasan aslinya.

Bukan cuma itu, gim klasik Super Mario Bros ini juga menjadi keluaran khusus edisi ritel Amerika Serikat yang pastinya jadi incaran para kolektor gim, termasuk Chris Kohler, jurnalis dan kolektor gim. Ia menyebut gim ini sebagai gim termahal yang pernah dijual.

Spesialnya cuma itu? Tunggu dulu! Gim klasik Super Mario Bros ini juga dilengkapi dengan hangtab kotak dibagian kemasan. Di mana hangtab itu jadi nilai tambah meskipun tak terlalu penting secara fungsi.

Kenapa hal ini jadi spesial? Karena produksi keluaran Amerika Serikat ini, khususnya untuk kelas Nintendo terus melakukan re-desain di setiap keluaran produk barun. Makanya hangtab di gim seharga Rp1,6 miliar jadi salah satu edisi spesial yang pernah ada.

Singkatnya, hangtab dari setiap gim Nintendo ini memberikan kesan vintage yang tak tertandingi oleh seri-seri lain. Jadi sudah kebayang kan bagimana spesialnya gim ini?

Sebagai pihak penyelenggara lelang, Heritage Auctions menegaskan, gim klasik Super Mario Bros yang terjual dengan harga fantastis ini merupakan gim paling laris dari konsol NES sepanjang masa. Gim ini juga menandai kemunculan penjahat  seri Bowser di gim Super Mario Bros 1985.  

Tag: asian games

Bagikan: