Perkenalkan, Darah Baru Drummer Elephant Kind

| 18 Mar 2018 14:22
Perkenalkan, Darah Baru Drummer Elephant Kind
Cover single SoftAnimal, New Blood (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Setelah mengumumkan proyek musik SoftAnimal dan rencana pertunjukannya, drummer Elephant Kind Bayu Adisapoetra memperkenalkan single debut bertajuk New Blood, Jumat (16/3) lalu. Dalam lagu ini, Bayu bermain drum sambil bernyanyi.

Berbeda dari materi-materi Elephant Kind yang biasa kita dengar, dalam lagu ini Bayu mencoba kembali ke lingkup musik yang kerap ia mainkan ketika remaja, punk rock. Komposisi yang menetes di dalamnya terdengar kasar dan old school dengan tuturan lirik sederhana namun tetap berapi-api dalam tempo cepat.

New Blood lebih ke semangat untuk berkenalan, memberi kabar tentang SoftAnimal dan EP yang tengah saya siapkan. Indonesia ataupun dunia memiliki ranah musik yang luas dan kaya, SoftAnimal adalah sesuatu yang baru dan saya pribadi berharap turut menjadi salah satu dalam ekosistem tersebut. Berjalan bersama meramaikan musik yang sudah ada atas nama karya seni yang saya banggakan setelah Elephant Kind,” kata Bayu dalam siaran pers yang diterima era.id, Minggu (18/3/2018).

New Blood merupakan pemanasan bagi empat lagu lain yang akan bersemayam dalam EP (album mini) Bayu, Nanook yang akan dirilis dalam waktu dekat. Judul EP ini diambil dari mitologi Nanook dari suku Inuit di daerah Kanada bagian utara dan Alaska. Nanook dipercaya sebagai penguasa beruang kutub yang kerap kali diburu suku Inuit, dagingnya diambil untuk dimakan dan kulitnya digunakan untuk melindungi badan dari udara dingin. Singkat kata, New Blood menjadi pengantar seorang Bayu Adisapoetra untuk berkenalan dalam ranah musik yang telah berjalan. 

Proyek SoftAnimal diinisiasi oleh Bayu yang dalam prosesnya dibantu Lafa Pratomo sebagai produser dan Geraldo Oryza, gitaris pengiring Neonomora yang juga rekan satu band Bayu di No Talent pada periode 2009-2012. 

"Bermain bersama saudara-saudara saya di Elephant Kind mengajarkan saya untuk membawa musik ke arah yang lebih dewasa, baik dari segi musikalitas maupun bagaimana mengemas musik menjadi produk yang lengkap. Berbekal dari pengalaman ini, saya coba tuangkan ide gila ke SoftAnimal. Apa yang terdengar dari SoftAnimal adalah terjemahan dari apa yang saya pikirkan dan hasrat saya yang diramu kembali oleh Lafa dibantu oleh Aldo dengan begitu baik. New Blood, menurut saya, cukup menjadi gambaran keseluruhan musik SoftAnimal,” ujarnya lugas.

Single New Blood resmi dirilis pada Jumat, 16 Maret 2018 melalui kanal YouTube SoftAnimal Bayu Adisapoetra yang akan disusul di berbagai gerai layanan musik streaming dan akan diperkenalkan secara live pada pertunjukan Bayu bersama Bam Mastro dan Elephant Kind di Shoemaker Studio Cikini, 28 Maret 2018.

 

Tags : album musik
Rekomendasi