Siapa Bisa Hentikan Invasi Gelombang K-Pop?

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Hilmy/era.id)

Kali ini era.id akan mengulas tentang persebaran gelombang budaya Korea ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Artikel ini masih menjadi bagian dari tema kami pekan ini, Era Budaya Instan dan terkait dengan artikel sebelumnya, Peran Pemerintah Korea Terhadap K-Pop. 

Jakarta, era.id
- Konten budaya populer Korea Selatan mulai merambah sejumlah negara pada akhir dekade 1990-an. Saat itu, tingkat popularitas film, musik, para aktor, game, hingga broadcasting menjulang hingga mencapai Asia Timur dan Asia Tenggara seperti China, Taiwan, Hongkong, hingga Indonesia, dan Malaysia.

Drama dan musik Korea memang memiliki keunikan yang cocok dikonsumsi masyarakat Asia. Doobo Shim, profesor Komunikasi Media dari Sungshin University menjelaskan dalam artikel berjudul Riding the Korean Wave in Southeast Asia (2017) tentang keramahan konten yang dihasilkan Hallyu, yang mengedepankan nilai-nilai kekeluargaan, persahabatan, dan kehidupan sehari-hari sesuai dengan kondisi sosial dan ekonomi di wilayah Asia.

Doobo mengambil contoh, drama TV Jepang tidak lagi menampilkan hubungan romantis antara pasangan muda, dan hanya fokus pada hubungan profesional. Sedangkan drama Korea berhasil memberikan konten-konten romantis dan sederhana. Para wanita paruh baya di Jepang bahkan menilai drama Korea mampu menghidupkan kembali nostalgia masa muda mereka.

Hallyu, lanjut Doobo, mudah memasuki pasar Asia karena adanya kedekatan budaya dan demografi di antara masyarakat Korea dengan Asia secara keseluruhan. Meski demikian, di awal perkembangannya, Hallyu diragukan bisa memasuki negara-negara yang memiliki komunitas muslim kuat seperti Indonesia dan Malaysia. Perlahan tapi pasti, keraguan itu berhasil ditepis.

Sementara untuk persebaran di negara-negara barat seperti Amerika Serikat, Hallyu tidak hanya masuk melalui media sosial, YouTube dan masyarakat Korea yang tinggal di negara tersebut. Tetapi juga masuk melalui sejumlah festival budaya Korea seperti KCON USA.

KCON USA adalah sebuah wadah yang menaungi masyarakat Amerika Serikat yang menyukai segala hal tentang Hallyu. Acara tahunan ini diselenggarakan sejak 2012 dan mampu menyebarkan pengaruh Hallyu terhadap masyarakat Amerika hanya dalam waktu tiga tahun.

Baca Juga : Mengendus Rekam Jejak Ekspansi K-Pop

Musik pop Korea mampu menerobos berbagai tangga lagu di Negeri Paman Sam dan membuat anak muda di negara tersebut makin tertarik untuk mengenal Hallyu lebih dalam.

Jadi, siapa yang bisa hentikan gelombang budaya Korea?


(Infografis/era.id)

Tag: era budaya instan k-pop

Bagikan: