Suju, Dicintai Sekaligus Dibenci

Tim Editor

Super Junior (Twitter @superjunior)

Jakarta, era.id - Super Junior dibentuk pada 2005 oleh produser Lee Soo-man dari perusahaan SM Entertainment. Grup ini beranggotakan Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kibum, plus Kyuhyun yang bergabung pada 2006.

Sukses komersil pesohor K-Pop ini berawal ketika lagu Miracle (2006) memuncaki tangga lagu Thailand yang sekaligus menarik minat pasar Internasional. Namun, titik balik perjalanan mereka terjadi ketika lagu Sorry Sorry dirilis pada 2009. Sejak itu, Suju tercatat sebagai grup idola dengan kontrak iklan terbanyak di China.

Sejumlah hits mereka lahirkan, dan bahkan mencapai jutaan view di channel YouTube. Di antaranya, Mr. Simple (140 juta view), Bonamana (96 juta views), Mamacita (64 juta views), Black Suit (21 juta views), dan tentunya Miracle (1,4 juta), dan Sorry Sorry (86 juta view).

Sepanjang perjalanan kariernya, Suju meraih berbagai penghargaan bergengsi. Sebut saja, 16 Golden Disk Awards, 13 Mnet Asian Music Awards, Artis Korea Terfavorit di MTV Asia Awards 2008, nominasi Best Asian Act di MTV Europe Music Awards 2012, International Artist dan Best Fandom di Teen Choice Awards 2015.

Seperti kebanyakan kelompok musik, kelompok vokal ini juga memiliki basis penggemar yang menamakan diri mereka E.L.F (Ever Lasting Friends). Para penggemar ini tersebar di beberapa media sosial dengan rincian jumlah sebagai berikut: Facebook 7,9 juta like, Instagram 652.000 pengikut, dan YouTube 533.000 subscriber.

Indonesia merupakan salah satu basis penggemar terbesar Suju. Ria (22 tahun) misalnya, adalah salah satu penggemar fanatik Suju yang mengaku terpana sejak mereka merilis single Sorry Sorry pada 2009.  Selain mengoleksi album dan poster Suju, Ria juga menghadiri konser Suju di Jakarta lima tahun lalu.

"Waktu itu saya nonton konser Super Junior, saya masih ingat waktu itu lagi weekend, tanggal 1 Juni," kata Ria ketika dihubungi era.id.

Namun kecintaan Ria tidak bertahan lama. Karena tingkah laku salah satu personel Suju yang ceroboh hingga mengakibatkan terenggutnya nyawa orang lain, perasaan Ria terhadap Shuju luntur dan berubah menjadi kekecewaan.

Bahkan ketika salah satu personelnya, Sungmin mengumumkan rencana pernikahannya pada 2014. "Saya sangat membenci Kangin dan Sungmin, tidak bisakah mereka keluar dari Super Junior? Sungmin sangat tidak menghormati Leeteuk, dia ngumumin pernikahan sambil senyum sana-sini pas Leeteuk masih berkabung karena nenek dari ayahnya bunuh diri," ketus Ria.

Ria pun memilih pindah ke lain hati dengan menjadi fan Bangtan Boys (BTS), grup K-Pop lain yang juga tengah naik daun di kalangan milenial. Tapi, popularitas Suju enggak langsung jatuh setelah ditinggal Ria, kan? Tentu saja enggak

Tag: era budaya instan k-pop album musik

Bagikan: