Penampilan Spesial BTS Hingga Justin Bieber di Reuni Friends Hilang di China

| 28 May 2021 23:01
Penampilan Spesial BTS Hingga Justin Bieber di Reuni Friends Hilang di China
Adegan BTS Dihapus di Friends Reunion (Instagram/friends)

ERA.id - Serial populer Amerika Serikat, Friends, mengalami penyensoran ketat di China. Penampilan spesial dari BTS, Lady Gaga, hingga Justin Bieber menghilang dari tayangan. 

Platform streaming populer di China resmi melakukan sensor selama enam menit untuk tayangan terbaru dari serial HBO, Friends: The Reunion. Ketiga platform raksasa itu diantaranya iQiyi, Youku, dan juga Tencent Video. 

Keputusan ini sangat mengecewakan banyak penggemar, terutama penggemar BTS di China. Hal ini disebabkan HBO telah mengumumkan bakal ada penampilan spesial dari BTS, Lady Gaga, dan juga Justin Bieber di acara Friends: The Reunion. 

“Apakah kita kembali ke dinasti Qing yang terisolasi, tertutup bagi seluruh dunia?” komentar seorang penggemar di platform media sosial China, Weibo. 

Meski pun kecewa dengan keputusan platform streaming China, sebagian lainnya mendukung penuh penyensoran itu dengan mengklaim siapa pun yang menghina China harus dilarang. 

Sebagai catatan BTS, Lady Gaga, dan Justin Bieber sempat terlibat kontroversi dengan China dari berbagai tindakannya. BTS misalnya, leader mereka, RM, pernah berpidato tentang perang Korea. 

Kala itu RM menyebut Korea Selatan berbagi ‘sejarah rasa sakit’ dengan AS selama konflik tahun 1950-1953. Pernyataan itu pun membuat marah warga China sebab Beijing mendukung Korea Utara saat berperang. 

Lady Gaga juga tak kalah menghebohkan warga China setelah kedapatan bertemu dengan Dalai Lama. Penduduk China pun menuding Gaga sebagai separatis yang berbahaya. 

Sementara itu, pelantun “Yummy” terlibat kontroversi saat mengunjungi kuil perang Yasukuni yang kontroversial di Tokyo tahun 2014. Tahun 2017 Biro Kebudayaan Kota Beijing secara resmi melarangnya tampil di negara itu, dengan alasan "serangkaian perilaku buruk" baik di dalam maupun di luar panggung.

Adegan yang dipotong oleh ketiga platform streaming China itu menampilkan pendapat RM tentang serial Friends yang berdurasi 13 detik. Lalu, penampilan Lady Gaga hampir tiga menit membawakan “Smelly Cat” dengan Lisa Kudrow Phoebe, didukung oleh paduan suara Injil.

Dalam versi Mandarin, Kudrow kemungkinan menyanyikan satu bait dari lagu tersebut selama 45 detik sendiri sebelum akhirnya berpindah adegan ke Lady Gaga. 

Lalu untuk adegan Justin Bieber yang dihilangkan, tercatat saat suami Hailey Bieber itu berjalan di atas catwalk untuk memamerkan kostum kentang kesayangannya dari acara Spudnik. 

Selain melakukan penyensoran untuk penampilan spesial ketiga bintang besar itu, China juga turut menghilangkan adegan yang menampilkan kesaksian seorang LGBTQ, Ricardo. 

Rekomendasi