Jelang Piala Dunia, Rusia Gusur Kios Jalanan

| 10 Apr 2018 05:59
Jelang Piala Dunia, Rusia Gusur Kios Jalanan
Penggusuran di Moskow jelang Piala Dunia (Foto: id.rbth.com)

Jakarta, era.id - Seperti halnya Indonesia yang melakukan pembenahan di segala bidang menjelang pesta olahraga ASIAN Games, Rusia pun berbenah menjelang gelaran Piala Dunia 2018.

Indonesia akan menjadi tuan rumah ASIAN Games tahun ini. Digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus, sejumlah fasilitas direnovasi bahkan ada yang dibuat baru.

Proyek pembangunan Light Rapid Transit (LRT) yang diproyeksikan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games misalnya, wajib rampung sebelum 18 Agustus 2018.

Penataan trotoar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin juga ditargetkan selesai sebelum Asian Games mengingat hal ini menjadi pertaruhan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terlebih Indonesia, di kancah internasional.

Dan yang paling penting adalah merenovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan biaya Rp726 miliar. Hal ini juga berlaku untuk sejumlah fasilitas di Palembang.

Nah, di Rusia ribuan kios jalanan juga diratakan dengan tanah. Hal tersebut dilakukan demi menciptakan pemandangan indah di seluruh kota tuan rumah Piala Dunia.

Dilansir dari rbth.com, di Moskow, kios di luar stasiun metro--di mana orang bisa membeli segala kebutuhan, dari pajangan hingga celana dalam--menghilang hanya dalam waktu semalam. Sementara di kota tuan rumah kedua, Gérard Depardieu, Saransk, sekitar 50 dacha (vila khas Rusia) dihancurkan seketika.

Dalam sejarah Rusia modern, tidak pernah ada penghancuran dengan 'gairah' seperti ini. Semua kota tuan rumah dibersihkan dari kios jalanan, tempat belanja, dan halte bus yang tidak estetis. 

Ini adalah kali pertama Negeri Beruang Merah menjadi tuan rumah pesta sepak bola empat tahunan sejagad sekaligus menjadi yang pertama di Benua Eropa setelah pada dua edisi sebelumnya digelar di Benua Afrika dan Benua Amerika.

Piala Dunia Rusia merupakan Piala Dunia ke-21 dalam sejarah FIFA. Berlangsung selama sebulan penuh dari 14 Juni-15 Juli, melibatkan 32 tim yang terdiri dari 31 tim peserta babak kualifikasi dan satu tim tuan rumah. Islandia dan Panama akan menjadi peserta debutan.

Total 64 pertandingan akan dimainkan di 12 stadion yang berlokasi di 11 kota di mana partai pesta sepak bola sejagad ini akan dimainkan di Luzhniki Stadium di Moskow pada 15 Juli.

Baca Juga : Kaliningrad, Stadion Piala Dunia di Atas Rawa

Rekomendasi