Google Luncurkan Android P Minimalisir Candu Gadget

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Logo Android. (Foto: Pixabay)

Jakarta, era.id - Google baru-baru ini meluncurkan Android versi terbaru. Tetapi uniknya, versi terbaru Android ini malah diklaim mampu menghindari penggunanya untuk terlalu sering menggunakan ponsel. Hmm.. Kok bisa yah?

Google menamakan fitur ini dengan digital wellbeing yang diharapkan mampu membuat orang memiliki hubungan yang lebih sehat dengan telepon mereka. Perangkat lunak teranyar dari Google ini memberikan sebuah alat yang memberi tahu ketika telah menggunakan ponsel terlalu lama.

Selain itu, versi terbaru Android yang dinamai "P" tersebut mempunyai kemampuan untuk memahami perilaku rutin sang pengguna dan merekamnya dalam sistem. Misal, ponsel akan otomatis mengatur kecerahan layar sesuai dengan di mana kita membuka ponsel.

Kemudian, apabila baterai handphone and akan habis, sistem akan menghentikan aplikasi yang berjalan dan melarang kamu untuk membuka aplikasi lainnya sebagai cara untuk menjaga baterai agar tidak cepat habis.

Baca Juga : Kecanggihan Sistem Pengenal Wajah Android


(Ilustrasi)

Baca Juga : Google Rilis 10 Keyword Paling Dicari

"Kami akan membuat sistem yang sehat dalam menggunakan ponsel, dan pengembangan ini akan terus berlanjut," ujar CEO Google Sundar Pichai saat menyampaikan perkembangan terbaru Android Google pada Konferensi Google I/O 2018 di Shoreline Amphitheater, California, dilansir dari independent.co.uk, Selasa (8/5/2018).

Dalam konferensi tersebut, Sundar mendengar banyaknya keluhan dari pengguna smartphone yang tidak mampu untuk menyeimbangkan hidupnya. Lebih dari 70 persen orang membutuhkan bantuan untuk membuat hidupnya lebih seimbang.

Google sendiri merupakan perusahaan teknologi pertama yang khawatir tentang dampak dari produk teknologi yang dibuatnya. Para ahli telah memperingatkan bahwa produk gadget yang digunakan secara berlebihan dapat merusak kesehatan mental. 

Baca Juga : Selap-selip di Gang dengan Google Map

Oleh karena itu, Android P lahir dan berusaha untuk menampilan informasi dasar seperti berapa lama seseorang menghabiskan waktu di ponsel, berapa kali mereka membuka kunci ponsel mereka, dan berapa banyak notifikasi yang telah mereka terima.

Selain itu, Android P berusaha untuk menetapkan waktu tertentu terkait penggunaan aplikasi. Misal, kamu menonton YouTube dalam jangka waktu panjang, Android akan memberikan peringatan bahwa kamu telah menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menonton dan butuh istirahat.

Tag: chipset teknologi 7nm

Bagikan: