Pameran Kesenian Terbesar di Yogyakarta Digelar

Tim Editor

Commission Work ARTJOG 2018 (Foto: Istimewa)

Yogyakarta, era.id - Pameran kesenian terbesar di Yogyakarta, Artjog kembali digelar pada 4 Mei 2018. Dengan mengusung tema Enlightment, acara yang akan berlangsung hingga 5 Juni mendatang ini  menghadirkan karya-karya dari 54 seniman Indonesia dan mancanegara, serta berbagai pertunjukan lainnya.

Mella Jaarsma--seniman sekaligus juri YAA 2018--adalah salah satu seniman yang tampil di hari pertama. Mella menampilkan karyanya, Binds & Blinds sekaligus mengajak para pengunjung ikut mengumpulkan potret pusar mereka. 

Yang tak kalah menarik adalah Healing Garden (Yogyakarta) karya seniman berdarah Jepang yang tinggal di Australia selama 20 tahun, Hiromi Tango. Penampilan dan workshop pembuatan bunga kertas yang dilakukannya memikat banyak pengunjung. 

Upacara pembukaan Artjog 2018 berlangsung pada pukul 19.00 WIB. Menampilkan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dibacakan Didik Purwadi selaku Asisten Keistimewaan DIY.

Baca Juga : Alunan Orkestra Klasik di Era Modern


Healing Garden (Yogyakarta) - Hiromi Tango (Foto: Istimewa)

"Seni itu panjang, sedangkan hidup itu pendek. Kehidupan kesenian itu tak ada matinya. Kiranya ungkapan itu sangat masih relevan menggambarkan perjalanan ARTJOG sebagai event seni rupa tahunan yang bukan sekadar membuka peluang pasar seni, akan tetapi lebih dari itu, sebagai sebuah peristiwa budaya yang mengacu pada perkembangan seni terkini di Indonesia dan di dunia,” urai Didik.

Sementara Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf mengatakan, ARTJOG merupakan bukti karya seni Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dibandingkan dengan karya seni internasional.

“ARTJOG juga merupakan sebuah peristiwa seni yang didedikasikan untuk membangun jejaring seni rupa kontemporer tingkat lokal dan juga sebagai pasar seni global. Melalui event besar ini kita ingin membuktikan bahwa karya seni Indonesia patut pula diberi kesempatan untuk diapresiasi dalam skala global,” timpal 

Malam pembukaan ARTJOG 2018 dimeriahkan oleh penampilan dari Pernak Pernik Sruti Respati bersama Bintang Indrianto, Woro Mustiko Siwi bersama Keroncongisme, dan kolaborasi Kua Etnika dan Endah Laras.

Baca Juga : Sinergisitas Pendidikan dan Seni



Penyerahan cendera mata kepada Triawan Munaf (Foto: Istimewa)
 

Tag: album musik lifestyle

Bagikan: