YouTube Music dan YouTube Premium Resmi Diluncurkan

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

YouTube Music (Sumber: YouTube)

Jakarta, era.id - Woohoo! Kabar baik, fellas! Hari ini, layanan YouTube Music dan YouTube Premium sudah bisa dinikmati. Eits, tapi baru orang-orang beruntung di beberapa negara saja nih yang bisa menikmati layanan baru dari YouTube ini. 

Iya, kita di Indonesia masih harus menghadapi penantian lagi, nih. Setelah dibuat penasaran dengan kabar soft launching yang dilakukan YouTube untuk beberapa penggunanya, kini kita masih harus menunggu sampai layanan ini masuk secara regional.

Sejauh ini, baru 17 negara yang diberkati oleh layanan ini, yakni Amerika Serikat (AS), Australia, Selandia Baru, Meksiko, Korea Selatan, Austria, Kanada, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Norwegia, Rusia, Spanyol, Swedia, dan Inggris.  

YouTube Music merupakan layanan streaming musik baru yang mengedepankan desain aplikasi yang spesifik untuk musik. Fitur yang paling dikedepankan dari aplikasi ini adalah fitur eksplorasi lagu.


Laman aplikasi YouTube Music (Sumber: YouTube)

Pada halaman berandanya, aplikasi ini akan terus menyuguhkan rekomendasi musik-musik baru berdasarkan histori, lokasi, dan pengalaman mendengarkan lagu si pengguna.

Selain itu, fitur pencarian pada aplikasi bakal lebih ngena karena didukung dengan mesin pencari pintar yang memang menjadi andalan dari perusahaan Google tersebut. Jadi, hasil pencariannya dijamin lebih oke deh.

Seperti layanan musik lainnya, YouTube Music ini diciptakan Freemium, yaitu gratis dan premium. Untuk pengguna gratis pastinya akan diinterupsi oleh iklan, sedangkan untuk pengguna yang ingin bebas iklan dapat mebayar sebesar 9,9 dolar AS atau sekitar Rp120 ribuan per bulan. Selain itu, fitur download juga bisa dinikmati para pengguna premium. 

Sementara, YouTube Premium ditawarkan dengan harga lebih tinggi, yakni 11,99 dolar AS atau sekitar Rp170 ribuan per bulan. Tapi, fitur yang ditawarkan tentu lebih memuaskan, karena YouTube Premium akan memberikan akses untuk menikmati produk-produk unggulan dari YouTube Originals: Cobra Kai, Impulse, film dokumenter sepak bola F2 Finding Football, dan The Sideman Show.
 
 

Tag: youtube album musik

Bagikan: