Pengacara Ungkap Putri Candrawathi Buat Rekening Atas Nama Bripka RR, Isi Saldo Ratusan Juta

| 14 Sep 2022 08:55
Pengacara Ungkap Putri Candrawathi Buat Rekening Atas Nama Bripka RR, Isi Saldo Ratusan Juta
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi (Antara)

ERA.id - Kuasa hukum Bripka Ricky Rizal (Bripka RR), Erman Umar mengungkapkan ada rekening atas nama kliennya yang digunakan untuk keperluan rumah tangga Irjen Ferdy Sambo. Saldo rekening atas nama Bripka RR itu diisi istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

"Kalau masalah rekening saya dengar itu bukan rekening pribadi masing-masing. Itu dalam rangka kedinasan, misalnya untuk si RR itu untuk rumah tangga yang di Magelang itu, kebutuhan rumah tangga di Magelang," kata Erman Umar di Bareskrim Polri, Jakarta, dikutip Rabu (14/09/2022).

"Saya nggak tahu (rekening itu untuk kedinasan atau tidak), yang penting itu (rekening) mereka yang isi Ibu Putri. Saya nggak tahu, yang jelas untuk kepentingan ADC (aide-de-camp/ajudan) untuk kebutuhan anak di Magelang, untuk kebutuhan rumah tangga (Ferdy Sambo)," sambungnya.

Erman menambahkan ada juga rekening atas nama Brigadir J. Untuk rekening Brigadir J ini, dia memperkirakan digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Ferdy Sambo di Jakarta.

"Kalau Yosua untuk kebutuhan rumah tangga yang di Jakarta kali ya, rumah Saguling, rumah Duren Tiga," ucapnya.

Erman pun menyebut rekening Bripka RR itu dipegang dan digunakan Putri Candrawathi. Saldo rekening Bripka RR itu juga, sambungnya, diisi tiap bulan oleh Putri Candrawathi.

"Yang menggunakan ibu PC, bukan RR. Kan dia menerima nantikan ada rekening lain nanti dikirim sama bu PC, 'nih ada kebutuhan berapa' kan si Anu yang menyampaikan kebutuhan di Magelang bulan ini sekian. Nanti PC yang ngirim. Mbanking-nya (Bripka RR) dipegang Bu PC," ungkapnya.

Namun, pengacara ini tidak mengetahui ada berapa nominal uang di rekening atas nama Bripka RR tersebut. Dia hanya mengetahui rekening bank atas nama Ricky Rizal itu dibuat pada 2021 dan dikuasai oleh Putri.

"Nggak tahu (nominalnya). Pokoknya ratusan juta, (mungkin) Rp300 juta. (Pada) 2021 itu diminta buka rekening setelah itu buka rekening, ATM sama buku rekening sudah diserahkan kepada Bu PC," kata Erman.

Sebelumnya, pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak ingin agar PPATK juga dilibatkan untuk mengusut tuntas kasus kematian kliennya ini. Kamaruddin ingin agar PPATK bisa mengecek aliran dana para ajudan Ferdy Sambo.

"Periksa semua rekening ajudan itu, libatkan PPATK, PPATK lah yang bisa mengungkap itu. Berapa ember uang di rekening-rekening ajudan itu dan ke mana aliran dan dari mana aliran itu mengalir," ujar Kamaruddin.

Rekomendasi