Heboh! Tumpukan KIP Jokowi Ditemukan di Lapak Barang Rongsok Lebak, Capai 400 Kg

| 09 Apr 2023 16:31
Heboh! Tumpukan KIP Jokowi Ditemukan di Lapak Barang Rongsok Lebak, Capai 400 Kg
Petugas menyisir tempat ditemukannya Kartu Indonesia Pintar (KIP) program Jokowi di Lapak Barang Rongsok wilayah Lebak, Banten. (Muhammad Iqbal/ ERA)

ERA.id - Kartu Indoensia Pintar (KIP) ditemukan di lapak barang rongsok wilayah Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten membuat heboh sosial media dan warga sekitar.

Total sekitar kartu program dari Presiden Joko Widodo tersebut ada sebanyak 35 kardus dengan berat mencapai 400 kilogram.

Kasat Reskrim Polres Lebak, Iptu Andi Kurniady membenarkan adanya penemuan KIP yang saat ini sudah dibawa pihaknya untuk dilakukan penyelidikan.

"Kita selidiki dulu ya. Tadi ada map, saya belum baca tulisannya apa, kita pelajari dulu," ucapnya kepada wartawan, Minggu (9/4/2023).

Selain pemilik lapak rongsok, sejumlah pihak juga akan dimintai keterangan oleh kepolisian, termasuk pihak bank yang menyalurkan.

"Untuk mengungkap mengapa KIP itu bisa berada di tukang rongsok. Karena jika tidak digunakan, seharusnya dimusnahkan," katanya.

"Kita periksa pihak terkait, baik dinas, atau pihak yang mengeluarkan kartu dan pihak bank," lanjutnya.

Berdasarkan keterangan sementara yang diperoleh polisi, Udin selaku pemilik lapak barang bekas didatangi orang tak dikenal pada malam hari menggunakan mobil pick up.

Ia membelinya sekitar akhir Maret 2023 seharga Rp2 ribu per kilogram dengan total pembelian Rp800 ribu.

Berdasarkan tumpukan kardus tersebut, Udin melihat penuh dengan kertas dan sepakat membelinya. Beberapa hari kemudian dia terkaget karena isinya KIP. Karena bingung, temuan KIP itu kemudian dilaporkan ke polisi yang kala itu sedang melintas.

"Pengepul didatangi orang yang mau timbang segala macam, ya sudah pengepul ambil," jelasnya.

Rekomendasi