Lansia Lumpuh yang Diduga Dibuang Keluarganya Sudah Dapat Perawatan Intensif di RSUD Kota Tangerang

| 27 Apr 2023 08:06
Lansia Lumpuh yang Diduga Dibuang Keluarganya Sudah Dapat Perawatan Intensif di RSUD Kota Tangerang
Petugas bersama warga membawa Toto pria lansia diduga dibuang keluarganya di Jatiuwung, Kota Tangerang. (Istimewa)

ERA.id - Toto Daryanto (51) lansia yang diduga dibuang keluarganya sendiri di pinggir Jalan Palem Manis Kampung Dumpit, RT 03, RW 05, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten saat ini sedang menjalani perawatan intensif di RSUD Kota Tangerang. 

"Jadi yang bersangkutan ditemukan Tim Reaksi Cepat Dinas Sosial, lalu dibawa ke RSUD Kota Tangerang. Sekarang sedang menjalani perawatan di RSUD Kota Tangerang," ucap Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Kota Tangerang, Mualim, Rabu (26/4/2023).

Mualim mengatakan, Dinas Sosial juga sudah melakukan komunikasi dengan keluarga Toto Daryanto. Saat komunikasi tersebut didapati, bila pihak keluarga siap menjemput Toto dan merawatnya di rumah.

"Perawatannya saat ini masih berjalan, jadi kalau nanti sudah diperbolehkan pulang oleh rumah sakit, mau dirawat oleh pihak keluarga," ujarnya.

Mualim mengaku, Toto adalah warga wilayah Jambe, Kabupaten Tangerang. Namun pihak Dinas Sosial sudah berkordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, untuk penanganan lebih lanjut.

"Memang saat dimintai keterangan, yang bersangkutan warga Jambe, Kabupaten Tangerang. Tapi untuk saat ini, tetap kita rawat dulu," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan ERA.id, malang nasib Toto Daryanto (51) yang diduga dibuang keluarganya sendiri di pinggir Jalan Palem Manis Kampung Dumpit, RT 03, RW 05, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten. Ia ditemukan warga kondisi lumpuh sedang terbaring.

"Iya benar, lansia diduga ditelantarkan seseorang dipinggir jalan. Lansia ini bernama Toto Daryanto warga Jambe Kabupaten Tangerang," ungkap Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho dalam keterangannya, Rabu (26/4/2023).

Zain mengatakan, berawal dari Polsek Jatiuwung menerima pengaduan dari masyarakat tentang adanya seorang lansia diduga keluarganya. Dengan kondisi lumpuh Toto tengah terbaring lemas di pinggir jalan raya.

"Laporan masyarakat langsung direspon cepat  Bhabinkamtibmas Kelurahan Gandasari Bripka Nuri Eka. Ia langsung mendatangi lokasi bersama dengan ketua RT dan RW setempat," katanya.

Rekomendasi