Evakuasi Pesawat SAM Air yang Jatuh di Bukit Papua Dilanjutkan Senin Besok

| 25 Jun 2023 17:45
Evakuasi Pesawat SAM Air yang Jatuh di Bukit Papua Dilanjutkan Senin Besok
Pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) yang jatuh di perbukitan di kawasan Yahukimo, Papua Pegunungan. (Istimewa)

ERA.id - Kabasarnas, Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menjelaskan proses evakuasi pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) yang jatuh di perbukitan di kawasan Yahukimo, Papua Pegunungan, dilanjutkan pada Senin (26/6/2023) besok.

Proses evakuasi dilanjutkan pada esok hari karena tim SAR gabungan belum bisa mencapai titik jatuhnya pesawat. 

"Tim telah mencoba turun sejauh 200-an meter dengan sistem rappelling namun belum menemukan titik pesawat, sehingga tim memutuskan kembali puncak gunung untuk beristirahat dan pemulihan stamina," kata Henri dalam keterangannya, Minggu (25/6/2023).

Terpisah, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Benny Ady Prabowo menyampaikan keenam korban di dalam pesawat SAM Air akan dibawa ke Jayapura, Papua bila sudah dievakuasi.

"Selanjutnya para korban nantinya akan dibawa ke RS Bhayangkara untuk dilakukan identifikasi oleh Tim DVI Polda Papua," ujar Benny.

Diketahui, pesawat SAM Air yang jatuh di perbukitan Papua pada Jumat (23/6) ini membawa enam orang, yakni pilot, kopilot, dan empat penumpang.

Pesawat ini dipiloti Hari Permadi dan kopilot bernama Levi Murib. Untuk identitas empat penumpang pesawat sesuai manifest bernama Bartolomeus (34), Ebeth Halerohon (29), Dormina Halerohon (17), dan Kilimputni (20).

Rekomendasi