Pria yang Tipu Jessica Iskandar Mau Pakai Duit Korban untuk Bisnis, Nanti Untungnya Dibalikin

| 22 Nov 2023 10:52
Pria yang Tipu Jessica Iskandar Mau Pakai Duit Korban untuk Bisnis, Nanti Untungnya Dibalikin
Jessica Iskandar (Antara)

ERA.id - Polisi menyampaikan tersangka kasus penipuan dan penggelapan mobil milik artis Jessica Iskandar, Christoper Stefanus Budianto kabur ke luar negeri (LN) sejak Mei 2022.

Christoper kabur dengan pindah-pindah ke sejumlah negara, yakni Singapura, Hongkong, dan Vietnam, lalu berakhir ditangkap di kawasan Thailand. Dia dibawa ke Indonesia pada Selasa (21/11) kemarin.

Hasil pemeriksaan sementara, tersangka ini mengaku mau memulai bisnis di sejumlah negara itu untuk mengganti uang-uang korban yang telah ditipunya.

"Yang bersangkutan mau bekerja atau bisnis di negara-negara tersebut. Jadi yang bersangkutan mencoba mencari satu pekerjaan yang bisa mengumpulkan sejumlah dana untuk dikembalikan ke pada para korban yang ada di Jakarta," kata Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Christoper kabur sendirian ke luar negeri. Penyidik saat ini masih memeriksa tersangka tersebut secara intensif.

"Yang bersangkutan cukup kooperatif, kami juga tadi sempat melakukan interview awal, yang bersangkutan berjanji akan jujur akan menyatakan segala perbuatannya," ujar Yuliansyah.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyampaikan Christoper diduga tak hanya menipu Jessica Iskandar, tapi juga menipu banyak orang di kawasan Bali dan Jawa Timur (Jatim).

"Kami baru mendapatkan informasi selain kami di Subdit Ranmor Krimum yang menangani perkara ini, ada juga di Polda Bali, Polrestabes Denpasar, dan Polda Jawa Timur, itu yang nanti akan kami koordinasi," kata Kompol Yuliansyah kepada wartawan dikutip hari ini.

Yuliansyah belum bicara banyak mengenai hal tersebut dan hanya menyebut diduga tersangka ini melakukan perbuatan serupa, yakni penipuan dan penggelapan mobil korbannya. "Semua rata (perihal) penipuan gelap," tambahnya.

Rekomendasi