Kondisi Ayah di Kasus 4 Anak Tewas di Jaksel Masih Lemah, Luka di Perut dan Tangan karena Coba Bunuh Diri

| 07 Dec 2023 18:50
Kondisi Ayah di Kasus 4 Anak Tewas di Jaksel Masih Lemah, Luka di Perut dan Tangan karena Coba Bunuh Diri
TKP pembunuhan (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Karumkit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Brigjen Hariyanto menyampaikan ayah kasus empat anak, yakni VA (6), SA (4), AA (3), dan AK (1) yang ditemukan tewas di dalam rumah kontrakan di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel), masih lemah.

"Jadi ada percobaan bunuh diri, (Panca alami luka) di lengan sama perut ya. Iya sama di kaki," kata Hariyanto kepada wartawan, Kamis (7/12/2023).

"(Luka di perut bukan tusukan tapi) luka sayat ringan," tambahnya saat kembali dikonfirmasi.

Panca ditemukan di kamar mandi ketika warga mendobrak paksa pintu rumahnya. Jenderal bintang satu Polri ini menyampaikan Panca belum dapat dimintai keterangan. Pengambilan keterangan merupakan kewenangan penyidik.

Tim medis saat ini sedang fokus untuk memulihkan kesehatan terduga pelaku kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ini.

Hariyanto pun menyebut ahli medis dan forensik telah melakukan pemeriksaan ke empat jasad korban. Hasil pemeriksaan sementara, keempat korban ini sudah meninggal dunia sejak lima hari lalu.

Tidak ditemukan ada luka sayat di jasad keempat bocah ini. Namun, tim medis menemukan adanya indikasi luka lebam di area wajah korban.

"Dicurigai (ada) lebam pada bibir dan hidung, yang masih ditindak lanjuti dengan pemeriksaan histopatologi untuk kepastian lebamnya karena saat ini sudah ada pembusukan sehingga perlu dipastikan," ungkapnya.

Sebelumnya, polisi menyebut kasus empat anak yang ditemukan tewas di dalam kamar di sebuah kontrakan di kawasan Jagakarsa, telah naik ke tahap penyidikan.

"Kami sudah meningkatkan penyelidikan kasus ini ke tahap penyidikan. Karena kami menemukan adanya dugaan tindak pidana dari peristiwa yang terjadi," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, hari ini.

Polisi telah memeriksa lima saksi untuk mendalami kasus ini. Keempat korban juga telah selesai diautopsi di RS Polri Kramat Jati, dan saat ini polisi menunggu hasilnya.

Sang ayah dari keempat anak ini, yaitu Panca Darmansyah masih belum diperiksa karena masih dalam perawatan di RS Polri. Untuk perkara Panca yang diduga melakukan KDRT ke istrinya, D belum naik ke tahap penyidikan.

Alasannya, sang istri masih belum bisa diminta keterangan dan masih dirawat di RS Pasar Minggu.

Rekomendasi