Hilang Hampir 1 Bulan, Siswa SD di Bandung Dilecehkan dan Dijual ke Pria Hidung Belang di Media Sosial

| 21 Dec 2023 15:51
Hilang Hampir 1 Bulan, Siswa SD di Bandung Dilecehkan dan Dijual ke Pria Hidung Belang di Media Sosial
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Satuan reserse dan kriminal Kota Bandung berhasil meringkus pelaku penculikan anak perempuan kelas 6 SD yang sempat menghilang pada 28 November 2023.

Dikatakan Kapolrestabes Kota Bandung Budi Sartono korban yang kala itu berpamitan untuk berangkat sekolah, namun diculik oleh pelaku dan akan dijual kepada pria hidung belang.

"Ya, kami mendapatkan laporan dari pihak orang tua korban pada tanggal 9 Desember 2023 dan langsung melakukan pencarian melalui sosial media, melihat para pelaku melakukan penjualan anak di bawah umur kepada para lelaki hidung belang," ungkap Budi saat di konfirmasi ERA,Kamis (21/12).

Dari keterangan yang diberikan orang tua korban saat melakukan pelaporan, korban sempat berinteraksi dengan pria berinisial A, sebelum menghilang pada 28 November lalu.

"Saat melakukan penyelidikan, pelaku sempat memboyong korban ke sebuah apartemen di Bandung, namun usaha tersebut berhasil digagalkan oleh polisi dan berhasil meringkus kedua pelaku salah satunya berinisial AD," jelas Budi.

Budi juga menjelaskan korban telah mengalami pelecehan seksual oleh pelaku, kemudian menjual korban ke situs perjodohan.

"Dari kasus ini kami terus melakukan penyelidikan, dimana ada dugaan korban-korban lain dan adanya dugaan penjualan anak melalui sosial media," tambah Budi.

Atas tindakan pelaku, berdasarkan pasal hukuman. Para pelaki bisa dijerat dengan pasal 81 juncto ayat 76D dan Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Pasal berlapisnya terdiri dari Undang-undang nomor 21 tahun 2007 prihal perdagangan orang sehingga terancam 15 tahun penjara beserta denda sebesar 600juta rupiah.

Rekomendasi