Polisi Usut Kasus Dugaan Hipnotis, Modus Ngaku Ustaz-Beri 'Batu Keberuntungan'

| 10 Jun 2024 17:59
Polisi Usut Kasus Dugaan Hipnotis, Modus Ngaku Ustaz-Beri 'Batu Keberuntungan'
Erick Donovan alias Aby (Dok. Istimewa)

ERA.id - Polisi menelusuri kasus dugaan hipnotis yang diduga dilakukan Erick Donovan alias Aby di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel). Erick Donovan berpura-pura memberikan "batu keberuntungan" ketika beraksi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi menjelaskan kejadian berawal EV sedang mengendarai sepeda motor di sekitar traffic light Duren Tiga, Pancoran, Jaksel, Kamis (23/5) sekira pukul 21.00 WIB. Pelaku lalu menghampiri korban dan berpura-pura bertanya alamat sebuah perusahaan. Erick Donovan pun meminta korban untuk berhenti.

"Pelaku mengaku sebagai ustaz dan mengklaim mengetahui detail kehidupan korban," kata Ade kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Dalam aksinya, terduga pelaku ini juga memberhentikan seorang pria lain. Diduga, pria itu merupakan rekan Erick Donovan. Keduanya lalu berusaha meyakinkan korban jika Erick merupakan ustaz.

"Mencoba menyakinkan korban bahwa mereka berdua ini, salah satunya adalah ustaz. Dan mengaku bisa mengetahui masa depan korban atau banyak hal detail yang dia ketahui. Kemudian memberikan batu keberuntungan," ungkapnya.

Pelaku akan memberikan batu keberuntungan itu jika korban mau menyerahkan handphone-nya. EV yang terhipnotis langsung menyerahkan ponselnya.

Erick Donovan lalu menyuruh korban untuk membawa batu keberuntungan itu ke musala terdekat.

"Konon katanya kalau dibawa ke musala terdekat, ketika batunya itu bergetar, maka itu akan bisa membawa kesuksesan. Akhirnya korban membawa batu ke musala, saat kembali pelaku dan temannya sudah tidak ada," jelasnya.

Korban yang merasa tertipu karena ponselnya dicuri langsung melaporkan kejadian ini ke Polres Metro Jakarta Selatan. Ade Ary pun mengatakan penyidik masih mendalami kasus tersebut.

Rekomendasi