ERA.id - KAI Commuter menyampaikan perjalanan KRL dari Tanah Abang menuju Rangkasbitung pada Sabtu (6/7/2024) sore ini mengalami kendala karena banjir.
"Dapat disampaikan bahwa saat ini perjalanan Commuter Line lintas Tanah Abang-Rangkasbitung terkendala akibat adanya genangan air di antara Stasiun Kebayoran-Stasiun Pondok Ranji pada sore ini," kata Manager Public Relation KAI Commuter, Leza Arlan kepada wartawan, Sabtu (6/7/2024).
Leza menambahkan KAI Commuter meminta maaf atas kendala ini. Dia pun menyebut petugas terus memantau ketinggian air agar perjalanan KRL tetap aman
"Saat ini genangan air mulai surut, untuk jalur hilir perjalanan commuter line dengan kecepatan dibatasi 40 km/jam sedangkan jalur hulu perjalanan dengan kecepatan normal," ucapnya.
Dampak kejadian tersebut, KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi, yakni Commuter Line No. 1741 (Rangkasbitung-Tanah Abang) perjalanan hanya sampai Stasiun Sudimara dan kembali sebagai Commuter Line No.1742 (Sudimara-Rangkasbitung).
Pengguna dialihkan ke Commuter Line No. 1743 (Rangkasbitung-Tanah Abang) di Stasiun Sudimara peron 3. Sedangkan Commuter Line No. 1743 dibatalkan perjalanannya dari Stasiun Sudimara ke Stasiun Kebayoran.
Selain itu terdapat juga keterlambatan perjalanan KRL di jalur hilir, yakni Rangkasbitung-Tanah Abang. Berikut commuter line yang mengalami keterlambatan.
1. Commuter Line No. 1741 terlambat 18 (Menit);
2. Commuter Line No 1734 (31 Menit);
3. Commuter Line No.1745 (35 menit)
4. Commuter Line No.1747 (40 Menit);
5. Commuter Line No.1749 (39 Menit);
6. Commuter Line No.1753 (36 Menit);
7.Commuter Line No.1755 (25 Menit);
8. Commuter Line No.1757 (31 Menit).
Sedangkan keterlambatan KRL dari hulu (Tanah Abang – Rangkasbitung), antara lain:
1. Commuter Line No. 1730 (terlambat 15 menit);
2. Commuter Line No.1732 (7 Menit);
3. Commuter Line No.1734 (5 Menit);
4. Commuter Line No.1736 (14 menit);
5. Commuter Line No.1738 (23 menit);
6. Commuter Line No.1740 (39 menit);
7. Commuter Line No.1744 (29 menit);
8. Commuter Line No.1746 (21 menit).
KAI Commuter mengimbau untuk pengguna KRL untuk mengikuti arahan petugas di stasiun dan kereta, tidak memaksakan masuk dengan kondisi kereta yang sudah penuh, fokus pada saat melangkah diantara celah peron, dan mendahulukan pengguna yang akan turun.
Info update dapat dilihat melalui akun resmi media sosial @commuterline dan Contact Center 121.