Polri Kirim 4 Jenderal untuk Ikut Seleksi Capim KPK, Siapa Saja?

| 16 Jul 2024 16:45
Polri Kirim 4 Jenderal untuk Ikut Seleksi Capim KPK, Siapa Saja?
Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. (ERA.id/Sachril Agustin).

ERA.id - Polri juga mengirimkan empat nama jenderal untuk mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029.

"Ada empat nama dan ini merupakan bagian personil-personil terbaik di Polri," kata Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Pertama adalah Komjen Setyo Budiyanto yang saat ini menjabat beliau sebagai Irjen di Kementerian Pertanian. Kedua, yakni Komjen RZ Panca Putra. Trunoyudo menjelaskan Panca saat ini menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhannas.

Nama ketiga adalah Irjen Djoko Poerwanto yang sekarang menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah. Untuk yang keempat adalah Irjen Didik Agung Wijanarko yang saat ini sebagai Deputi pada Bidang Koordinasi dan Supervisi di KPK.

"Kami sampaikan bahwasannya keempat personel tersebut adalah merupakan personel yang terbaik di mana dengan adanya panitia seleksi Capim KPK tentu Polri menjawab sebagai suatu usulan," ujarnya.

Sebelumnya, Panitia Seleksi (Pansel) resmi menutup pendaftaran Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK. Total ada sebanyak 525 orang yang mendaftar, terdiri dari 318 pendaftar capim, dan 207 pendaftar dewas.

"Dari sejak pendaftaran pada tanggal 26 Juni 2024 hingga penutupan tadi malam 15 Juli 2024 pukul 23.59 WIB dapat disampaikan bahwa total pendaftar sebanyak 525 orang," kata Wakil Ketua Pansel KPK Arif Satria dalam kepada wartawan, Selasa (16/7).

"Dengan rincian jumlah pendaftar capim sebanyak 318 orang terdiri dari 298 laki-laki dan 20 perempuan. Jumlah pendaftar calon dewas 207 orang terdiri dari 184 laki-laki dan 23 perempuan. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat Indonesia dalam seleksi ini," sambungnya.

Rekomendasi