Warga Jakarta di 82 Kelurahan Diminta Siap-Siap Kebanjiran

Tim Editor

Ilustrasi (Dok. BNPB)

ERA.id - Warga DKI Jakarta yang tinggal di sepanjang sungai Ciliwung diminta bersiap dengan kemungkinan terjadinya banjir dalam beberapa hari ke depan. Total ada 82 Kelurahan yang diingatkan akan kedatangan air dari Bendung Katulampa itu.

"Kami minta masyarakat untuk bersiap, ada 82 kelurahan yang dilalui sungai Ciliwung yang dimungkinkan nanti terjadi genangan di sekitar sungai Ciliwung," kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Riza mengatakan, musim hujan bisa saja datang lebih cepat dari perkiraan. Menurutnya, perubahan atau anomali cuaca sudah kerap terjadi di berbagai negara dan tak menutup kemungkinan bisa terjadi di ibu kota.

Normalnya, kata Riza, musim hujan datang pada bulan Desember sampai Maret. Namun ia menilai bisa saja datang lebih cepat dalam waktu dekat.

"Terjadi anomali di beberapa negara ada terjadi banjir disertai badai pada percepatan biasanya banjir di Jakarta terjadi di akhir Desember, Januari hingga sampai Maret ada percepatan," jelasnya.

Pemprov DKI sudah melakukan langkah pencegahan dengan mengerahkan puluhan ekskavator untuk mengeruk sampah di aliran Ciliwung. Namun, banjir masih saja terjadi di ibu kota sejak kemarin hingga pagi tadi.

Pemprov DKI saat ini memiliki 54 ekskavator untuk mengeruk sungai dan waduk untuk serapan air. Pengerjaaan oleh petugas disebutnya sudah dikerjakan setiap hari.

"Kami sudah menyiapkan dan 54 ekskavator bheko dan sebagainya yang melakukan pengerukan ya sepanjang hari bahkan sepanjang tahun," ujar Riza. 

Tag: banjir

Bagikan: