Alasan Polisi Larang Mahasiswa Berdemo Dekat Istana

| 20 Oct 2020 16:50
Alasan Polisi Larang Mahasiswa Berdemo Dekat Istana
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana (Diah Ayu/ Era.id)

ERA.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menjelaskan alasan melarang mahasiswa yang berdemonstrasi agar tak mendekat ke Istana Merdeka, Jakarta. Dia mengatakan aturan aksi penyampaian pendapat hanya berada di sekitaran Patung Kuda yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat saja.

"Jadi begini saat ini kan aturannya ada selama ini untuk aksi hanya di depan ini sekitar Patung Kuda," kata Nana saat meninjau langsung aksi demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020).

Terkait tuntutan mereka yang ingin bertemu dengan perwakilan Istana, Nana menjelaskan bahwa pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Kantor Staf Presiden (KSP). Lebih lanjut, Jenderal bintang dua itu berharap agar unjuk rasa kali ini dapat berjalan dengan lancar dan tak berakhir dengan kericuhan.

"Mereka ingin bertemu dengan dari pihak Istana ini sedang kami sampaikan. Akan kami mediasi dengan pihak KSP," kata Nana.

Sebelumnya, mahasiswa yang tergabung dalam alinasi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) meminta pihak Kepolisian agar dapat membuka akses Jalan Medan Merdeka Barat yang ditutup dengan kawat besi. Sebabnya, mereka ingin menyampaikan orasi dan bertemu pihak Istana.

Rekomendasi