Waspada! Satgas COVID-19 Gadungan Datangi Rumah Warga 'Maling' Emas

| 26 Nov 2020 16:30
Waspada! Satgas COVID-19 Gadungan Datangi Rumah Warga 'Maling' Emas
Kepolisian ungkap satgas COVID-19 gadungan (Dok. Antara)

ERA.id - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menangkap dua pelaku kasus dugaan penipuan dengan modus sebagai tim Satgas COVID-19. Para pelaku telah beraksi di sembilan kecamatan di kota itu.

"Para pelaku terbilang licin dalam pelariannya, namun berbekal penyelidikan yang matang akhirnya bisa dibekuk," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang AKBP Imran Amir, di Padang dikutip dari Antara, Kamis (26/11/2020).

Para pelaku mendatangi kediaman korban pada Senin (9/11) kemudian berpura-pura menjadi Tim Satgas COVID-19. Dalam melakukan aksinya pelaku berbagi peran. 

"Tersangka DA masuk ke rumah dan berinteraksi dengan korban, sedangkan Jef menunggu dengan sepeda motor di luar," ungkap Imran Amir.

Untuk mengelabui korban, pelaku DA berpura-pura mencek kesehatan kemudian membalurkan odol ke bagian tangan. Setelah dibaluri odol korban lalu diminta membersihkannya kembali ke kamar mandi.

"Odol sengaja dipilih pelaku karena susah dibersihkan, sehingga butuh waktu untuk membersihkan. Waktu itulah yang dimanfaatkan pelaku untuk mengambil barang korban," katanya.

Akibat perbuatan pelaku korban mengalami kerugian hingga puluhan juta karena kehilangan dua gelang emas seberat 50 gram.

"Sejauh ini terungkap bahwa kedua pelaku telah beraksi di 23 lokasi yang tersebar di sembilan kecamatan dengan modus yang sama," ungkap Kepala Kepolisian Resor Kota Padang AKBP Imran Amir.

Ia memaparkan mereka beraksi di Kecamatan Lubuk Begalung. Ada tiga lokasi yaitu Perumahan Jala Utama Parak Laweh, Jalan Bandes Pampangan, Jalan Ampalu Raya Nomor 66, Kelurahan Pegambiran.

Kemudian di Padang Timur empat lokasi yaitu di Abdul Muis Jati, Simpang Haru PJKA, Perum Belakang Rumah Sakit RSUP M Djamil, Jalan Pisang Perumahan Belakang Rumah Sakit Semen Padang.

Kecamatan Padang Selatan satu lokasi yaitu di kawasan Jondul Rawang. Kecamatan Lubuk Kilangan sebanyak dua lokasi yaitu di Warung Gadut Kompleks Unand Blok B, dan kawasan Bandar Buat. Kecamatan Pauh dua lokasi yaitu sesudah Simpang Pasar Baru, dan Piyai

Kecamatan Koto Tangah sebanyak enam lokasi yakni Kompleks Filano Blok B 2 Parupuk Tabing, Kompleks Singgalang Blok A9-11 Batang Kabung, Jalan Anak Air Batipuh Panjang, Tunggul Hitam Jalan DPR, kawasan Air Tawar, dan Astratek Ulak Karang.

Sementara Kecamatan Nanggalo satu lokasi di Perumahan belakang Pasar Siteba, dan Kecamatan Kuranji sebanyak dua lokasi dengan rincian simpang SPBU Taruko, Belimbing. Terakhir Kecamatan Padang Utara sebanyak dua lokasi yakni Belakang SPBU Tabing, dan kawasan Indah Teater lama.

"Kami mengimbau korban yang merasa pernah ditipu oleh pelaku untuk membuat laporan ke Polresta Padang," katanya.

Imran Amir juga mengungkapkan bahwa kedua pelaku tidak hanya beraksi di Kota saja, melainkan juga di daerah lain seperti Kota Bukittinggi tiga lokasi, Kabupaten Agam satu, dan Pekanbaru Riau tiga lokasi.

"Untuk kasus yang di Pekanbaru kami akan berkoordinasi dengan polres setempat," jelasnya.

Diketahui tersangka Jef (46) merupakan warga Rawang Timur VI/1, Kecamatan Padang Selatan, dan DA (42) berjenis kelamin perempuan beralamat di Jalan Gunung Bromo Wisma Indah, Koto Tangah.

Mereka ditangkap di Jalan Lubuak Buaya, Koto Tangah, pada Rabu (25/11) tanpa melakukan perlawanan.

Kedua pelaku dijerat polisi dengan pidana melanggar pasal 363, dan 378 KUHPidana.

Rekomendasi