Awal Tahun, Bogor Diterpa Puluhan Bencana

| 21 Jan 2021 23:05
Awal Tahun, Bogor Diterpa Puluhan Bencana
Banjir Bandang Puncak (Diman Sutini/era.id)

ERA.id - Awal tahun 2021, Kabupaten Bogor telah diterpa bencana alam. Dari data yang diterima, ada puluhan bencana menerpa wilayah dengan jumlah penduduk terbesar di Jawa Barat itu. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melansir, 35 bencana alam telah terjadi sepanjang Januari 2021. Di mana tanah longsor dan angin kencang paling banyak terjadi di Bumi Tegar Beriman.

Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo menjelaskan, 16 peristiwa tanah longsor telah terjadi pada awal tahun ini, disusul dengan 10 kejadian angin kencang. Selain itu, juga terjadi satu kali banjir, kebakaran, kekeringan, pohon tumbang maupun orang hanyut.

"Wilayah terdampak ada 19 kecamatan terdiri dari 30 desa/kelurahan. Itu rekapitulasi data kami hingga hari ini," kata Budi Pranowo, Kamis (21/1/2021).

Dari 35 bencana alam itu, dua orang dinyatakan meninggal dunia dan masing-masing satu orang mengalami luka berat dan ringan. Meski begitu, data ini masih fluktuatif dan masih mungkin untuk terus berubah.

"Data kami, ada 74 orang mengungsi dan 376 Kepala Keluarga (KK) terdampak. Kalau keseluruhan jiwa yang terdampak bencana alam 1.471 orang," kata Budi.

Sementara untuk kerugian bencana, kata Budi, lima rumah teridentifikasi rusak ringan, 17 rumah rusak berat, empat rumah rusak berat, tujuh rumah terancam dan satu fasilitas pendidikan rusak.calon kapolri, kapolri, komjen listyo sigit prabowo

Rekomendasi