Disentil Jokowi, BNPB Langsung bagi-bagi 60 Ribu Masker di Matraman

| 22 Jul 2021 11:28
Disentil Jokowi, BNPB Langsung bagi-bagi 60 Ribu Masker di Matraman
Dok. BNPB

ERA.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan peninjauan Pos PPKM di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Rabu (21/7). 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt. Deputi Bidang Penanganan  Darurat BNPB Dody Ruswandi, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi, Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat, Camat Matraman Andriansyah dan Plt. Kalak BPBD DKI Jakarta.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama multipihak guna mengantisipasi lonjakan penyebaran virus Covid-19.

Dalam sambutannya, Plt. Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi menyatakan bahwa sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan.

"Mudah-mudahan pengendalian penyebaran Covid-19 ini dapat kita  laksanakan dengan sebaik-baiknya" kata Dody.

Pada kesempatan yang sama, Wakil walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat mengapresiasi kunjungan serta bantuan BNPB kepada masyarakat wilayah matraman.

"Insyaallah, bantuan ini menjadi berkah," ujar Hendra.

Dalam hal ini, TNI,POLRI, Pemerintah Pusat dan Daerah sudah berupaya maksimal memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat khususnya wilayah warga Kecamatan Matraman.

"Oleh sebab itu, saya berharap, mudah mudahan Allah memberikan kelancaran dan kemudahan kepada kita semua, dalam melaksanakan tugas  menangani penyebaran Covid-19 ini dan memberikan hati yang lapang kepada masyarakat untuk turut membantu tugas Pemerintah  karena tanpa dukungan, pengertian dan  kesadaran masyakarat itu sendiri, saya rasa akan sulit," tambah Hendra.

Pada kesempatan yang sama, BNPB memberikan bantuan berupa masker dan hand sanitizer untuk enam Posko PPKM Kelurahan di Kecamatan Matraman diantaranya, Kelurahan Pisangan Baru, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kelurahan Kayu Manis, Kelurahan Pal Meriam dan Kebon Manggis. Dengan adanya stok masker di Posko PPKM Kelurahan ini, masyarakat yang tidak memiliki masker dapat mengambil di Posko PPKM sesuai dengan kebutuhan secara gratis.

Masing-masing kelurahan tersebut akan mendapatkan bantuan sebanyak 10.000 Masker dan 10 Jerigen hand sanitizer. Sehingga total bantuan yang diberikan di enam kelurahan di kecamatan Matraman sebanyak 60.000 masker dan 60 jerigen hand sanitizer.

Penyerahan bantuan ini langsung diberikan secara simbolis oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi kepada Wakil Walikota Jakarta Timur Hendra Hidayat di lapangan kantor Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyinggung peran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dinilainya belum maksimal mengkampanyekan pemakaian masker kepada masyarakat.

Jokowi menekankan, sejak awal dirinya telah meminta BNPB bekerja keras mengkampanyekan pemakaian masker. Selain itu, dia juga memerintahkan agar BNPB memberikan masker kepada warga.

"Seperti yang saya minta sejak awal, BNPB bekerja keras betul urusan yang berkaitan memberi masker, kampanye masker. Yang saya liat sampai saat ini belum," ujar Jokowi dalam pengantarnya pada ratas evaluasi PPKM darurat 16 Juli 2021 yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7).

Tags : bnpb masker
Rekomendasi