Atasi Kelangkaan, Pemkab Tangerang Berjanji Bakal Salurkan Minyak Goreng Langsung ke Desa-desa

| 09 Mar 2022 15:05
Atasi Kelangkaan, Pemkab Tangerang Berjanji Bakal Salurkan Minyak Goreng Langsung ke Desa-desa
Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar (Dok Muhammad Iqbal/ERA)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, akan mendistribusikan minyak goreng dengan harga eceran sesuai yang ditentukan langsung ke tingkat desa.

Hal itu dilakukan sebagai upaya menekan kelangkaan serta menstabilkan harga.

"Setiap ada pengiriman kita akan langsung distibusikan sampai ke tingkat desa. Karena yang diberikan dari pemerintah terbatas jadi kami melakukan operasi ke desa-desa dan warung," kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Rabu (9/3/2022).

Zaki menjelaskan, pendistribusian langsung ke desa-desa tersebut untuk menghindari adanya penumpukan minyak goreng serta dapat menyebabkan terjadinya kerumunan massa pada saat mengantre minyak goreng itu.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan skema pendistribusian melalui badan usaha milik desa (BUMDES) seperti koperasi dan warung-warung setempat.

"Jadi kita tidak ada operasi pasar yang dapat mengumpulkan massa, karena itu rawan. Untuk mencegah pemborongan minyak oleh warga, nanti setiap warung-warung dibatasi, pembelian minyak goreng hanya boleh sekali sama satu orang saja," ungkapnya.

Sementara, Zaki menambahkan, untuk ketersediaan stok minyak dan kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Tangerang terjamin aman. Hanya saja saat ini sejumlah harga di beberapa sektor mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

"Stok sebetulnya aman, hanya di harga saja saat ini mengalami kenaikan. Makanya sekarang kita akan coba kendalikan kembali," jelasnya.

Rekomendasi