Kronologi Vokalis Aerosmith Steven Tyler Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Anak

| 02 Jan 2023 17:00
Kronologi Vokalis Aerosmith Steven Tyler Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual Anak
Steven Tyler (instagram/iamstevent)

ERA.id - Pentolan grup band Aerosmith, Steven Tyler, dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak. Tuduhan ini muncul dari seorang wanita bernama Julia Misley. 

Steven Tyler menghadapi tuduhan pelecehan seksual yang dilakukannya di tahun itu 1970-an. Misley mengklaim ia telah dilecehkan saat usianya masih 16 tahun. 

Dalam gugatan yang diajukan ke Pengadilan Tinggi Los Angeles, Misley menuduh Tyler menggunakan status dan kekuasaannya sebagai bintang rock terkenal untuk merawat, memanipulasi, mengeksploitasi dan menyerang secara seksual selama tiga tahun. 

Dugaan pelecehan seksual ini terjadi saat Misley menghadiri konser Aerosmith di Portland tahun 1973. Menurut gugatan, saat itu Tyler membawa Misley ke kamar hotelnya dan melakukan serangkaian tindakan seksual. 

Masih dalam gugatan yang sama, Tyler juga disebut membelikan tiket pesawat untuk menghadiri konser di Seattle. Namun lantaran Misley masih berusia di bawah umur, Tyler membujuk ibunya untuk mengizinkannya menjadi wali sahnya, sehingga dia dapat mendaftarkannya di sekolah dan memberinya perawatan medis yang lebih baik.

Sayangnya izin tersebut justru disalahgunakan oleh Tyler. Vokalis Aerosmith itu dituduh menyerang dan menyediakan alkohol serta obat-obatan kepada Misley. 

Misley yang kini berusia 65 tahun dan sebelumnya bernama Julia Holcomb, disebut hamil atas perbuatan Tyler. Namun Tyler memaksanya untuk melakukan aborsi. 

“Saya ingin tindakan ini untuk mengekspos industri yang melindungi pelanggar selebriti, untuk membersihkan dan meminta pertanggungjawaban industri yang mengeksploitasi dan membiarkan saya dieksploitasi selama bertahun-tahun,” tulis Misley, dikutip NYTimes, Senin (2/1/2023). 

Sementara itu pihak Steven Tyler belum memberikan keterangan apa pun terkait tuduhan tersebut. 

Rekomendasi